7 Plugin WordPress Terbaik di tahun 2019 yang Wajib di Install


Plugin WordPress Terbaik-min
4.5/5 (2)

IRVAN GEN – Selamat Datang. Kita akan melanjutkan dasar – dasar WordPress yang sudah dibahas sebelumnya.

Membahas WordPress memang sangat menarik, selain itu WordPress mempunyai keunggulan dibanding dengan CMS lainnya, yaitu terdapat plugin yang sangat banyak.

Hal ini dapat menunjang semua kebutuhan fitur untuk sebuah situs blog atau website yang dimiliki teman – teman.

Jika ingin menjadi blogger profesional (fulltime), menggunakan cms WordPress adalah pilihan yang tepat, kamu bisa mengkostumisasi fitur berdasarkan selera dan kebutuhan atau memaksimalkan blog dengan mudah tanpa batasan.

Plugin WordPress sangat flexibel, jika suka bisa install, jika tidak suka / menemukan yang lebih baik, bisa dihapus (de-active).

Plugin apa saja yang wajib di install untuk menunjang kebutuhan blogging?

Kamu tidak butuh plugin banyak untuk di install pada blog, apalagi plugin yang tidak diketahui fungsinya. Namun secara umum plugin untuk keperluan blog adalah :

  • Optimasi SEO
  • Speed Loading
  • Security Blog
  • Backup Data
  • Sosial Signal
  • Advertising / Adsense
  • Schema Strukture

#1. Plugin Optimasi SEO

Siapa yang tidak ingin blognya dibanjiri dengan traffik yang melimpah? Tentu syarat utamanya adalah artikel atau blog yang tayang di halaman #1 Google untuk keyword potensial.

Ini harus dioptimalkan dengan serius lewat teknik SEO.

Disini saya menyarankan untuk menggunakan plugin optimasi SEO terbaik yang bisa kamu pilih salah satu dari 3 plugin dibawah ini:

Manfaat utama menggunakan plugin seo wordpress dapat membantu kita untuk mempermudah setup / optimasi dari sisi onpage, sehingga menjadi otomatis & cepat.

Baca : Cara Setting Yoast SEO

#2. Plugin Cache dan Image Size

Untuk saat ini Google masih mengutamakan blog wordpress yang memiliki loading time dibawah 5 detik.

Pengunjung akan sangat senang jika blog yang kamu kelola memiliki loading time yang sangat cepat dan ringan, plugin dibawah dapat membantu meningkatkan perfoma speed:

  • WP Rocket – Premium (berbayar)
  • WP Fastest Cache – Gratis dan tersedia fitur premium
  • Compress JPEG & PNG

Untuk panduan konfigurasi plugin cache, bisa baca disini: cara setting plugin wp rocket dan cara setting plugin wp fastest cache.

Perlu diketahui: Untuk mendapatkan hasil loading yang maksimal harus didukung dengan hosting terbaik.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

#3. Plugin Security WordPress

Inilah yang menjadikan WordPress cms terbaik dan dipercaya oleh blogger dunia karena sistem dan tingkat kemanannya yang sangat baik, namun kamu harus memaksimalkan lewat tambahan plugin.

Keamanan menjadi prioritas utama dalam blogging, karena akan sia – sia jika blog yang sudah lama kita kelola akhirnya kena hack / diretas.

Berikut rekomendasi plugin security:

Salah satu contoh kasus penyerangan terhadap blog wordpress yang cukup fatal adalah kode backdoor PHP.

#4. Plugin Backup Data

Konten atau data menjadi pilar utama sebuah blog, sudah semestinya harus di backup atau di amankan untuk jaga – jaga jika dapat suatu masalah seperti, kehapus (reset), error server, terinfeksi virus, file rusak dan masih banyak lagi.

Dengan adanya backup dapat meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan, sehingga kamu memiliki data cadangan yang siap digunakan kapanpun.

Plugin wordpress untuk backup data:

Baca : Cara Backup WordPress Secara Manual Melalui cPanel

#5. Plugin Sosial Signal

Zaman sekarang siapa sih yang tidak main media sosial seperti, facebook, twitter, instagram & lainnya. Sosial Signal ini sangat bagus untuk menguhubungkan visitor dari media sosial menuju pusat utama, yaitu blog melalu plugin ini.

Rekomendasi plugin sosial terbaik:

#6. Plugin Iklan Adsense

Rata – rata blogger Indonesia menggunakan Google Adsense sebagai sumber penghasilan, karena nilai rupiah yang bisa didapat cukup tinggi sekitar 5 – 25jt/bulan.

Saya merekomedasikan plugin terbaik untuk adsense:

#7. Plugin Rating Bintang

Mulai tahun 2019 Update Google memaksa para blogger untuk bekerja lebih keras lagi, karena Google telah memaksimalkan Google Ads secara total.

Dimana hasil konten pencarian organik semakin terpojok dibawah iklan.

Tetapi dengan hadirnya fitur schema kode strukture (rating bintang) telah menjadi titik terang, blog akan terlihat lebih menonjol dan tentunya akan lebih diperhatikan user sehingga bisa mendapatkan jumlah klik banyak.

Tapi saya sendiri tidak menerapkan fitur ini, karena fitur rating bintang saya rasa cocok untuk blog review, online shop dan semacamnya, namun tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin mencoba.

Berikut plugin rating bintang terbaik:

  • Multi rating

Nah itulah 7 plugin terbaik yang wajib diinstall, melalui artikel ini semoga dapat memberi pencerahan.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mendaftarkan situs atau blog ke Google Webmaster Tool. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *