Cara Setting Plugin Rank Math – Plugin SEO WordPress Terbaik


plugin rank math

IRVAN GEN – Rank Math merupakan plugin SEO WordPress terbaru hadir dengan fitur yang sangat lengkap dan canggih dibanding dengan plugin SEO lainnya. Lebih menariknya lagi, Rank Math ini gratis untuk kamu gunakan.

Jika dilihat dari fitur dan hasilnya akan terasa lengkap dan powerfull untuk optimasi, khususnya untuk optimasi SEO OnPage.

Alasan utama saya menggunakan Rank Math guna untuk mengurangi penggunaan plugin, karena sudah satu budle di dalam plugin Rank Math.

Baca: Tutorial SEO: Mengenal SEO On Page & Off Page Lebih Dalam


Apa itu Rank Math?

Karena SEO merupakan sesuatu hal yang cukup rumit, maka disini Rank Math hadir untuk mengubah paradigma tersebut. Rank Math SEO membantu kamu dalam mengoptimalkan konten website dengan mudah, bahkan bisa dilakukan oleh pemula.

Hadir sebagai solusi SEO yang handal yang dapat membuat website kamu bisa menjadi pemenang di mesin pencarian. Dengan Rank Math kamu tidak butuh plugin lain, sebab sudah satu bundle didalamnya.

Menggunakan satu plugin untuk mengerjakan banyak tugas akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya dapat membebaskan sumber daya sistem. Sehingga WordPress dapat bekerja lebih baik.

Baca: Cara Menulis Artikel Berkualitas & SEO Friendly Yang Baik dan Benar


Mengapa Harus Rank Math?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus memilih plugin Rank Math dalam hal SEO. Dibawah ini akan saya jelaskan alasannya.

1. Rank Math lebih baik dari yang lain
Untuk sementara ini plugin SEO yang lain hanya dapat mengerjakan 1 atau 2 hal saja, sedangkan Rank Math mengerjakan semuanya.

Menangani semuanya yang berkaitan dengan SEO On-Page baik itu membuat sitemap, menambahkan meta informasi, membuat pengalihan (redirection), menambahkan schema dan masih banyak lagi.

2. Konfigurasi otomatis
Rank Math akan mendeteksi otomatis jenis pengaturan apa yang terbaik untuk website yang kamu kelola setelah memberitahu apa jenis situs kamu miliki.

Ini akan mempertingkan penilitian industri. Sementara itu, secara otomatis Rank Math mengkonfigurasi banyak opsi.

3. Mudah digunakan
Seperti WordPress yang bisa membuat website dengan mudah. Rank Math juga membuat optimasi SEO dengan sangat mudah.

Tata letak yang intuitif, pilihan yang sangat jelas dan tidak butuh waktu lama untuk memahami cara penggunaannya, tentu kamu tidak akan pernah mengalami kesulitan.

4. Skema kode yang lengkap
Skema itu penting, sangat penting. Kamu harus memudahkan Google untuk memahami konten web dan disini skema yang melakukan hal itu.

5. Gratis
Hal yang paling menarik dari plugin Rank Math adalah sepenuhnya gratis. Bagaimana tidak, fitur – fitur yang sangat lengkap, canggih dan terbaik dibanding dengan lainnya, tetapi kamu bisa menggunakan plugin ini secara GRATIS.

Rekomendasi: 7 Plugin WordPress Terbaik 2019


Cara Setting Rank Math “Setup Wizard”

Sebelum melakukan konfigurasi pastikan plugin Rank Math sudah terinstall. Jika belum silahkan download pada directory WordPress atau download di situs resmi Rank Math.

Nonaktifkan plugin SEO sebelumnya dan plugin sitemap lalu aktifkan Rank Math. Sesudah itu kamu akan dibawa ke halaman Setup Wizard.

1. Start Wizard

Nonaktifkan plugin SEO sebelumnya dan plugin sitemap. Sesudah itu kamu akan dibawa ke halaman Setup Wizard.

setup wizard rank math - #irvangen
setup wizard rank math – #irvangen

2. Import Data

import SEO setting - rank math

Jika plugin SEO sebelumnya yang kamu gunakan Yoast SEO, maka akan ada 4 macam setting yang dapat diimpor, berikut penjelasannya.

-Import Setting:
Opsi ini mengimpor pengaturan Yoast SEO dan metadata yang telah Anda tetapkan untuk situs web Anda.

-Import Term Meta:
Opsi ini mengimpor metadata untuk kategori, tag, dan arsip taksonomi lainnya.

-Import Post Meta:
Opsi ini mengimpor metadata untuk posting, halaman, dan posting khusus yang mencakup judul SEO, deskripsi, data OpenGraph, meta robot, dan banyak lagi.

-Import Author Meta:
Opsi ini mengimpor metadata untuk halaman penulis.

Secara default semua opsi langsung terceklis, artinya semua settingan yang sudah diterapkan di plugin Yoast akan di impor ke Rank Math.

Tapi kalau kamu ingin mengaturnya secara manual bisa di hilangkan ceklis tersebut, atau bisa pilih “Skip, Don’t Import Now

import seo setting - rank math

Proses impor akan berlangsung. Rank Math akan memberikan log setting apa saja yang berhasil di impor. Lamanya waktu proses importing tergantung berapa banyak pos yang ada di website.


3. Your Site

your site - rank math

Pada langkah ini akan ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan jenis situs kamu diantaranya adalah:

  • Personal Blog
  • Community Blog / News Site
  • Personal Portofolio
  • Small Business Site
  • Webshop
  • Other Personal Website
  • Other Business Website

Silahkan sesuaikan dengan jenis situs yang kamu kelola.

Untuk bagian Logo for Google, ukuran minimal 160×90 pixel dan maksimalnya 1920×1080 pixel. Logo persegi akan lebih disukai Google

Default Social Share Image apabila konten kamu tidak disetel fitur gambar, maka gambar dari default social share yang digunakan ketika kamu membagikan konten ke media sosial.


4. Search Console

google search console - rank math

Memasuki langkah ini dimana kamu akan menghubungkan Rank Math dengan Google Search Console, sehingga informasi yang dianggap penting dari search console dapat langsung ditampil di plugin Rank Math.

Untuk setup Google Search Console, klik Get Authorization Code kemudian pilih akun Google lalu klik Izinkan. Setelah itu copy code tersebut dan paste di kolom Search Console Profile, klik Authorize.

Dengan otomatis akan muncul website yang sudah kamu daftarkan di Google Search Console, seperti gambar diatas.


5. Sitemap

sitemap - rank math

Saran saya gunakan sitemap bawaan Rank Math, apabila kamu install plugin sitemap lain segera nonaktifkan. Salah satu alasannya untuk mengurangi penggunaan plugin.

Tapi jika lebih suka dengan plugin sitemap lain, silahkan klik OFF untuk opsi ini.

Include Image:
Jika gambar yang ada di website kamu ingin diindeks aktifkan opsi ini. Sebaliknya, jika tidak silahkan nonaktifkan.

Public Post Type:
Centang apa saja yang ingin masuk ke sitemap, saya sendiri hanya ingin pos dan halaman saja yang di indeks.

Public Taxonomies:
Silahkan sesuaikan dengan kenginan, apa saja yang ingin dimasukkan ke sitemap.


6. SEO Tweaks

seo tweaks - rank math

6.1. Nofollow Image File Links:

Saat kamu menambahkan gambar di website, kamu juga dapat menambahkan hyperlink kedalamnya. Ini memungkinkan pengunjung dapat mengklik gambar dan dibawa ke URL lain.

Opsi ini memungkinkan kamu jika ingin semua tautan pada gambar bersifat Nofollow.

6.2. Nofollow External Link:

Biasanya untuk menambahkan atribut rel=”nofollow” pada eksternal dilakukan secara manual, namun jika jumlahnya banyak itu akan memakan waktu.

Dengan mengaktifkan opsi ini maka secara otomatis akan menambahkan atribul rel=”nofollow”.

6.3. Open External Links in New Tab/Window:

Opsi ini sangat bagus jika diaktifkan, jika pengunjung mengklik link eksternal maka akan membuat jendela baru. Sehingga dapat mengurangi bounce rate.

Secara default pengaturan ini aktif dan Rank Math juga menyarankan hal ini.

6.4. Redirect Attachements:

Pengaturan ini mengalihkan semua URL lampiran ke pos – pos di mana mereka muncul, memberi kamu manfaat SEO untuk setiap tautan ke lampiran kamu.

6.5. Strip Category Base:

Laman WordPress biasanya memiliki category base yang menyertainya, misalkan www.irvannurfazri.com/category/wordpress/

Jika opsi ini diaktifkan maka akan berubah menjadi www.irvannurfazri.com/wordpress/


Cara Setting Plugin Rank Math - Plugin SEO WordPress Terbaik 1

sampai disini sebenarnya kita sudah selesai melakukan konfigurasi Rank Math, tapi saya ingin setting lebih lanjut. Silahkan klik Setup Advanced Options.


Setup Wizard Advanced Options

Untuk menyelesaikan setup Rank Math maka kita lanjut ke setup Advanced Options. Disini kita akan melakukan konfigurasi finishing, tentunya akan sangat berguna untuk website yang kamu kelola.

1. 404 Monitor

404 monitor - rank math

1.1. 404 Monitor

Merupakan fitur memungkinkan kamu melihat apakah pengunjung atau mesin pencari menemukan halaman 404 saat menjelajah ke website.

1.2. Redirections

Fitur ini sama seperti plugin 301 Redirections, jika kamu menginstall plugin tersebut nonaktifkan saja. Karena di Rank Math juga tersedia fitur semacam itu.

Setelah kita menemukan halaman 404 maka kita bisa menyiapkan pengalihan sementara atau permanent. Dikombinasikan dengan monitor 404 kamu dapat dengan mudah mengarahkan ulang URL yang sebelumnya tidak ditemukan.


2. Miscellaneous

miscellaneous - rank math

2.1. Add missing ALT Attributes

Merupakan fitur yang sangat keren, Add missing ALT Attributes bekerja untuk menambahkan ALT secara otomatis pada konten dan fitur image.

Pada opsi ini tidak akan merubah isi konten, hanya akan aktif saat halaman ditayangkan.

2.2. Rich Snippet

Fitur rich snippet bergunan untuk membuat struktur data secara otomatis untuk me-mark up konten. Hal ini dapat membantu Google dalam memahami konteks konten di sebuah website untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian Google.

Untuk pengaturan rich snippet type pos dan laman silahkan sesuaikan dengan jenis situs kamu. Misalkan situs yang kamu kelola jenis berita, gunakan rich snippet Article, atau website masakan bisa gunakan type Recipe. Berhubungan saya blog personal, jadi menggunakan rich snippet Review.


Fitur Rank Math SEO WordPress

Rank Math memberikan banyak fitur yang kompetitif dan tidak ada di plugin SEO WordPress lain. Seorang pemula sekaliguspun bisa mengoptimalkan SEO dengan mudah, karena Rank Math akan membawamu ke level yang lebih tinggi dalam urusan SEO.

Berikut saya jelaskan keunggulan & fitur – fitur yang terdapat di plugin Rank Math.

1. Integrasi Google Search Console

Rank Math menyediakan fitur untuk melihat informasi berharga dari Search Console tepat didalam dashboard admin WordPress. Kamu bisa melihat langsung keyword yang kamu ranking, masalah pengindeksan dan status sitemap. Tentu informasi ini sangat berguna untuk pengembangan situs kedepannya.

2. Perbandingan Kata Kunci & Tool Google Trends

Cara Setting Plugin Rank Math - Plugin SEO WordPress Terbaik 2

Riset keyword akan jadi lebih mudah dengan Rank Math. Integrasi tool Google Trends dengan Rank Math membantuk kamu memeriksa trend penulusuran keyword dan bukan membandingkannya.

Kamu bisa menggunakan tool perbandingan grafik inbuilt dalam membandingkan peluang keyword secara visual.

3. Crawl Error

crawl error  - rank math

Kesalahan url atau halaman tidak ditemukan (404) merusak pengalaman pengunjung. Rank Math akan menemukan dan mencantumkan semua halaman 404 dan membuangnya.

Analisis yang terperinci untuk perangkat dekstop dan seluler bisa membantu kamu mengidentifikasikan dan memperbaiki kesalahan perayapan yang menyebabkan halaman 404.

4. Bantuan Kontekstual (Pemberitahuan, Tooltips, Tab Bantuan, dll)

bantuan kontekstual  - rank math

Rank Math menawarkan tooltips yang informatif dan berguna untuk penggunanya. Tooltips ini menggambarkan setiap pengaturannya, apa saja yang digunakan dan bagaimana setelan itu harus disetel.

Bukan cuma itu, tooltips juga menautkan ke settingan terkait bila diperlukan. Hal ini membuat pengaturan SEO website kamu menjadi sangat mudah.

5. SEO Gambar Otomatis

Penggunaan gambar untuk setiap konten dalam meningkatkan kualitas SEO sering dilewatkan. Tapi tidak perlu khawatir, karena Rank Math terdapat fitur untuk menambahkan atribut alt dengan otomatis dan tidak mengubah isi konten sedikitpun. Tag ditambahkan ketika pengguna membuka artikel.

6. XML Sitemap

xml sitemap  - rank math

Sama seperti plugin SEO WordPress lainnya. Rank Math juga memiliki fitur sitemap.xml didalamnya yang membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks konten website.

Rank Math membuat XML sitemap yang kompatibel dengan mesin pencari untuk website secara otomatis. Sitemap sepenuhnya dapat disesuaikan dan kamu bisa menentukan apa saja yang disertakan dan apa yang tidak.

7. Rich Snippet

rich snippet  - rank math

Cara Setting Plugin Rank Math - Plugin SEO WordPress Terbaik 3

Rich Snippet memberi informasi tambahan untuk website yang kamu kelola ke mesin pencari dan pengguna. Rank Math mendukung berbagai kategori rich snippet dan kategori default juga bisa diatur di dalam pengaturan.

8. Rich Snippet Review

rich snippet review  - rank math

Menambahkan metadata yang sesuai dengan konten memungkinkan search engine untuk memahami konten kamu lebih baik. Rank Math mendukung rich snippet jenis review seperti gambar diatas.

Dengan menambahkan rich snippet ke konten, memungkinkan calon pengunjung tertarik dengan konten kita, sehingga bisa mendapatkan banyak klik.

9. Rich Snippet Product

rich snippet product  - rank math

Rank Math juga menudukung rich snippet product yang bisa ditambahkan ke konten hanya dengan satu klik. Kamu bisa menambahkan nama produk, deskripsi, harga, SKU dan detail lainnya tentang produk, kemudian akan ditampil di SERP.

10. Rich Snippet Event

rich snippet event  - rank math

Kamu bisa mempromosikan acara dengan gaya menarik dengan dukungan cuplikan event di hasil pencarian dengan Rank Math.

Kamu bisa mengatur cuplikan event lebih dari 15 jenis acara kamu dengan banyak kata kunci yang terkait.

Rank Math juga menangkap informasi event tambahan seperti URL tiket, URL tempat, harga tiket dan masih banyak lagi. Informasi ini sangat berharga untuk pengguna dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

11. Rich Snippet Recipe

rich snippet recipe  - rank math

Dengan Rank Math mendukung rich snippet recipe, cukup masukan informasi tentang resep untuk membuatnya tampil sebagai rich card dalam hasil pencarian Google, sehingga konten resep kamu jadi lebih menarik.

13. Ping Search Engine

Rank Math secara otomatis membiarkan mesin pencari mengetahui bahwa kamu telah mengunggah konten baru atau memperbarui konten lama.

Proses ini di sebut pingin, ping otomatis membantu kamu mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Karena semua konten kamu di indeks dengan cepat oleh mesin pencari.

14. SEO Analysis Tool

seo analysis tool  - rank math

Rank Math juga memiliki fitur Analisis SEO hnya dengan satu klik secara otomatis menilai website kamu dan memberi saran jika ditemukan masalah untuk segera diperbaiki, hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas SEO website.

15. Kostumisasi SEO Untuk Item Tunggal

kostumisasi item tunggal  - rank math

Tugas – tugas SEO di Rank Math umumnya dapat diotomatiskan dengan template. Tapi, terkadang sebuah konten membutuhkan perlakuan SEO yang berbeda.

Dengan Rank Math kamu lebih mudah mengganti pengaturan default untuk setiap konten yang berbeda.

16. Redirection Manager

redirections manager  - rank math

Pengalihan sangat penting untuk website, tapi sulit untuk dikelola dan disiapkan. Rank Math menawarkan fitur redirection untuk memudahkan kamu dalam mengelola pengalihan URL semudah memasukan text dalam spreadsheet.

17. Breadcumbs disesuakan & ditampilkan Otomatis

breadcumbs  - rank math

Breadcumbs tidak cuma membantu dalam navigasi website secara visual. Tapi membantu juga mendapatkan banyak lalu lintas dari mesin pencari.

Membantu mesin pencari untuk memahami hierarki konten kamu. Dengan plugin Rank Math, kamu bisa menyesuaikan simbol breadcumbs dan membuatnya lebih menarik lagi.

Breadcumbs juga sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik dan SEO, tetapi kebanyakan tema tidak menyertakannya.

Rank Math menambahkan breadcumb yang sesuai dengan Google ke website kamu secara otomatis yang dapat meningkatkan peluang untuk muncul di SERPs.

18. 404 Monitor

404 monitor  - rank math

404 Monitor memiliki 2 mode, mode simple hanya menangkap kesalahan 404, sedangkan mode advanced menangkap kesalahan halaman, halaman pengarah, waktu kesalahan, bahkan agen pengguna.

Membuang kesalahan 404 ini untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik.

19. Facebook Open Graph

facebook open graph  - rank math

Kamu tidak perlu repot – repot untuk mengotak – atik plugin untuk membuat Open Graph Tag bekerja. Rank Math mendukung Facebook Open Graph yang sesuai untuk setiap konten yang kamu tulis secara otomatis.

Bahkan plugin Rank Math membersihkan cache di Facebook ketika kamu memperbarui konten dengan gambar yang berbeda.

20. Importing yang Mudah

Jika kamu menggunakan plugin SEO WordPress lain seperti Yoast SEO, All in One SEO Pack dan lainnya. Khawatir tentang sulit untuk migrasi ke plugin Rank Math, kamu bisa membuang kekhawatiran itu.

Sebab, Rank Math bisa mengimpor semua pengaturan dari plugin SEO WordPress lain dengan sangat mudah, hanya dengan sekali klik saja.

21. Verifikasi Google, Bing, Yandex, Alexa & Pinterest

Ketika kamu memverifikasikan website ke mesin pencari, media sosial dan alat analisis secara individual akan membuang waktu banyak.

Tetapi Rank Math mengubah proses menjadi lebih mudah dengan menawarkan satu atap untuk beberapa mesin pencari dan media sosial langsung dari dashboard admin WordPress.

22. Twitter Meta Card

twitter meta card

Twitter bisa menjadi sumber trafik dan popularitas, itupun jika digunakan dengan benar. Rank Math mendukung Twitter Meta Card yang memungkinkan kamu bisa membuat tweet yang menarik dan kaya untuk mendapatkan banyak lalu lintas dan follower.

23. Pemeriksaan Kompatibilitas

Saat pertama kali menjalankan instalasi plugin Rank Math, plugin ini memeriksa kompatibilitas. Pemeriksaan tersebut memastikan bahwa tumpukan teknologi website kamu dioptimalkan dan tidak ada plugin yang dapat menyebabkan konflik.

24. Focus Keyword & Analisis Konten

Keyword sangat penting untuk konten website kamu. Menggunkan keyword yang baik dan benar ditempat yang sesuai dapat membentuk dasar dari SEO On-Page.

Plugin Rank Math menganalisis konten dan mengidentifikasikan peluang keyword yang bisa kamu maksimalkan untuk menerima traffic tertinggi.

Baca: Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat

25. Kontrol Judul & Meta Deskripsi

Judul dan meta deskripsi merupakan faktor untuk meningkatkan rasio klik tayang website. Rank Math dapat mengatur judul dan meta deskripsi tanpa menyentuh satu baris kode.

Pertinjauan yang sangat berguna dan memungkinkan kamu melihat apa yang akan dilihat oleh calon pengunjung di halaman hasil pencarian.

26. Ditemukan Oleh Situs Media Sosial & Semua Mesin Pencari

metadata  - rank math

Rank Math menambahkan metadata lain di website kamu yang bisa dibaca oleh mesin pencari dan media sosial. Metadata ini memungkinkan pengguna memahami lebih baik dan menampilkan segala informasi yang kaya dengan konten dalam hasil pencarian serta media sosial.

27. Meta Data Grafik

Grafik mengambil fakta dan menyajikannya sebagai informasi. Rank Math bisa menambahkan tag meta data grafik pengetahuan yang relevan ke website kamu sehingga website yang kamu kelola dapat memberi ranking untuk lebih banyak keyword dan perintah area yang lebih luas di hasil pencarian.

28. Edit Judul & Meta Deskripsi Konten Secara Masal

Mengubah judul & deskripsi dari ratusan konten adalah tugas yang melelahkan dan membuang waktu banyak. Plugin ini bisa mengatasi hal tersebut sehingga pekerja yang melelahkan bisa diatasi dengan cara mengubah judul & deskripsi secara masal.

29. Kompatibilitas Dengan WooCommerce

Meningkatkan penjulan dengan SEO akan mendapatkan banyak keuntungan, Rank Math akan membantu kamu untuk membuat situs e-commerce kamu memiliki peringkat yang lebih baik di halaman hasil pencarian.

Fitur – fitur yang ramah bagi penggunanya dan optimasi SEO lebih mudah dengan Rank Math akan membuat produk kamu mendapatkan peringkat di halaman hasil pencarian.

30. Download Digital

Menjual e-book, kursus online dan menjual barang digital lainnya tentu sangat menyenangkan dengan kombinasi Rank Math dan Easy Digital Download.

Menggunakan fitur plugin ini untuk mengarahkan calon pengunjung ke website dengan mudah.

31. Facebook Author

Bangun merk pribadi kamu dan tingkatkan Facebook kamu pada saat bersamaan dengan dukungan Authorship Facebook di plugin Rank Math.

Rank Math akan menambahkan meta tag yang diperlukan ke semua konten, sehingga setiap posting yang di share di Facebook memiliki nama kamu di atasnya.

32. Separator Character

Cara Setting Plugin Rank Math - Plugin SEO WordPress Terbaik 4

SERP bersifat kompetitif, kamu harus mengambil setiap kesempatan untuk meningkatkan jumlah klik. Rank Math memiliki beberapa karakter unik sebagai tanda pemisah sehingga membuat daftar SERP lebih menonjol.

33. Integrasi Akun Media Sosial

Cara Setting Plugin Rank Math - Plugin SEO WordPress Terbaik 5

Rank Math bisa menambahkan meta tag yang relevan untuk beberapa akun media sosial dan mesin pencari ke website kamu. Meta tag ini membantu media sosial dalam menampilkan informasi yang kaya tentang konten dari website yang kamu kelola.

34. Memilih Primary Category

Ketika kamu membuat sebuah konten dan menambahkan beberapa kategori, Rank Math menetapkan kategori default untuk di tugaskan kepada mereka.

Kategori default akan membuat basis URL dan mencantumkan juga dalam breadcumbs di website kamu.

35. Social Preview

Rank Math akan mengambil tebakan untuk membuat postingan media sosial dengan menyediakan preview secara langsung yang kaya dari konten website kamu.

Kamu bisa menyesuaikan gambar yang di share dan meta informasi lainnya tentang konten tanpa harus meninggalkan dashboard WordPress.

36. Default Opengraph Thumbnail

Konten menjadi tidak bagus ketika bagian website kamu menggunakan gambar thumbnail rusak. Rank Math dapat mengatasi hal tersebut dengan menetapkan thumbnail default untuk setiap tautan yang di share ke media sosial.

37. Preview Post di Google

Rancang SERPs ideal kamu dengan preview Google didalam Rank Math. Berdasarkan konten kamu, Rank Math menunjukkan pratinjau tentang bagaimana kamu memposting akan muncul di halaman hasil pencarian Google. Ubah judul konten, URL, atau meta deskripsi dan pertinjau akan diperbarui secara instan.

38. Ubah Meta Global

Tag meta robots mengontrol halaman apa di website kamu yang dirayapi dan diindeks. Rank Math memberi kamu kontrol sepenuhnya atas meta robot website.

Kamu bisa mengatur global meta robot dengan beberapa klik dan menimpanya untuk konten dan halaman individual.

40. .htaccess Editor

.htacces adalah alat yang ampuh untuk mengelola website. Rank Math memungkinkan kamu untuk mengatur dan memodifikasi file .htaccess tepat di WordPress.

Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, Rank Math membuat pencadangan file .htaccess secara otomatis sebelum kamu menyimpan perubahan yang sebelumnya sudah di edit.

41. Editor Robot.txt

Robots.txt adalah file yang mengarahkan mesin pencari pada konten apa yang di indeks. Dengan menggunakan plugin Rank Math kamu bisa membuat dan memperbarui file robots.txt tepat didalam dashboard WordPress.

42. Pengoptimalan RSS

RSS Optimization yang unik dari Rank Math memungkinkan kamu memasukan teks header & footer ke dalam umpan RSS kamu.

Fitur ini memudahkan untuk komunikasikan informasi yang relevan kepada pembaca, bahkan promosi posting blog yang penting.

43. Menghapus Stopword

URL konten harus singkat agar mudah dibaca oleh calon pengunjung dan mesin pencari. Rank Math mengatasi hal itu yang seharusnya menjadi pekerjaan buat kamu, tapi untuk kali ini, tidak.

Fitur ini dapat menghapus URL secara otomatis yang mengandung stopword seperti “the / dan” sehingga membuatnya bersih dan ramah SEO.

44. Dokumentasi Terperinci

Dokumentasi merupakan panduan dasar yang di buat dengan baik. Rank Math menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap dan detail. Plugin Rank Math didukung oleh dokumentasi ekstensif yang dirancang untuk penggunanya.


Nah itulah beberapa fitur yang terdapat di plugin Rank Math, sebenarnya masih banyak fitur yang belum saya sebutkan. Namun, hanya saja belum dicoba semua. Mungkin di lain waktu akan saya lengkapi artikel ini.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya tulis mengenai Cara Setting Plugin Rank Math & Membahas Fitur Rank Math.

Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *