Apa Itu Hosting, Domain & Bagaimana Tips Memilih Hosting Yang Baik


Apa Itu Hosting, Domain & Bagaimana Tips Memilih Hosting Yang Baik 1

IRVAN GEN – Apa itu Hosting? Hosting merupakan hal penting untuk membuat website, apabila kamu ingin membuat website maka diperlukanlah hosting ini sebagai media penyimpanan file – file.

Saya akan menjelaskan tentang Hosting, Domain dan bagaimana memilih hosting yang bagus untuk website kamu. Berikut penjelasannya.

1. HOSTING ADALAH…

Web hosting atau hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan dimana data website dan file di simpan serta dapat dikelola dan diakses melalui internet.

File website yang disimpan berupa gambar, video, email, script, database dan aplikasi.

Ketika kamu menggunakan internet untuk mengunjungi website, yang pertama kali kamu lakukan pada browser adalah mengetikkan kata kunci tertentu atau nama domain website di kolom pencarian Google.

Kemudian komputer atau smartphone kamu akan terhubung ke server dan halaman website akan dikirimkan dan di tampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman blog yang sedang kamu baca ini.

Oleh karna itu ketika kamu ingin memiliki website / blog, domain dan hosting merupakan hal utama yang harus kamu beli dan dipersiapkan.


2. GAMBARAN HOSTING DAN DOMAIN

Untuk memperjelas pemahaman seputar hosting dan domain, saya akan memberikan gambaran sederhananya.

#Hosting

Hosting bisa kita ibaratkan sebagai apartemen yang di sewakan dengan berbagai ukuran tertentu dan setiap apartemen pasti memiliki ukuran yang berbeda – beda, seperti apartemen A dan apartemen B.

Sama halnya seperti hosting, setiap layanan menyediakan space atau tempat penyimapan yang berbeda – beda. Misalnya, mulai dari paket 1GB, 2GB atau Unlimited.

#Domain

Sedangkan domain adalah nama alamat website yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet, contohnya seperti irvannurfazri.com

Nah kalau diatas itu hosting sebagai apartemen, disini domain sebagai alamat apartemenmu, dan file – file yang ada di website di ibaratkan harta yang ada di apartemen seperti TV, Pakaian Sofa dan lain sebagainya.

Nama domain terdiri dari kombinasi huruf dan angka dengan ekstensi berbeda seperti .com .net .id .org .co.id dan masih banyak lagi.

Setiap website memiliki nama domain yang berbeda, dan setiap domain harus didaftarkan lebih dulu agar website dapat diakses.


Saat ini terdapat banyak jenis layanan hosting yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan data website. Tapi sebelum kamu menggunaknnya, pastikan untuk memahi kebutuhan situs web kamu mengenai web hosting seperti apa yang kira – kira cocok.

Kebutuhan apa yang dimaksud?

Mulai dari kebutuhan fitur yang disediakan oleh layanan hosting, bisnis dan dana.


3. SHARED HOSTING

Shared hosting merupakan jenis hosting yang bisa kamu temukan dihampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak orang / pengguna secara bersamaan dalam satu server.

Harga yang ditawarkannya terbilang murah.

Namun, karna shared hosting digunakan oleh banyak pengguna, terdapat batasan resource yang tersedia, baik itu besarnya jumlah penyimpanan, bandwith yang tersedia, atau yang lainnya.

a. Kelebihan Shared Hosting

  1. Harga sangat murah
  2. Tersedia macam – macam jenis paket berbeda berdasarkan resource yang ditawarkan, sehingga jika website kamu melebihi limit yang ditentukan, bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi.
  3. Hampir layanan hosting saat ini sudah banyak menyediakan kontrol panel seperti cPanel, sehingga dapat mempermudah kamu dalam mengelola website.
  4. Kamu tidak perlu repot – repot melakukan maintenance pada server, karna sudah dihandle oleh layanan hosting.

Shared hosting sangat cocok untuk kamu yang mulai belajar membangun website. Kamu tidak perlu khawatir jika website kamu sudah mencapai limit yang ditentukan oleh layanan hosting, karna bisa di upgrage ke paket hosting dengan limit yang lebih tinggi.

b. Kekurangan Shared Hosting

Loading time website yang lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting. Tapi kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan CloudFlare.

Baca: Cara Mempercepat Loading Website


4. TIPS MEMILIH LAYANAN HOSTING YANG BAGUS

Bagaimana menentukan web hosting yang akan kamu gunakan adalah hosting yang terbaik?

Berikut jawabannya:

#1. Ketahui Kebutuhan Hosting Kamu

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Sebelum menggunakan sebuah layanan hosting, pastikan sudah tahu kebutuhan apa yang diperlukan untuk website kamu.

Silahkan tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:

  • Website seperti apa yang dibuat?
  • Apakah memerlukan aplikasi windows untuk website kamu?
  • Code atau software apa yang akan dijalankan (misalnya: PHP)
  • Berapa banyak perkiraan pengunjung yang datang ke website?
  • Apakah website kamu membutuhkan software tertentu?
  • Apakah website kamu hanya akan di buat dengan WordPress, Joomla atau lainnya?

#2. Apakah Kamu Pengguna Baru?

Untuk kamu yang masih baru terjun ke dunia web hosting, mungkin beberapa pertanyaan diatas sulit untuk di jawab. Oleh karena itu saya sarankan menggunakan shared hosting.

Shared hosting tersedia dengan harga yang terjangkau dengan banyak keuntungan yang dapat membantu kamu mengelola website dengan mudah.

Ditambah lagi, jika situs web kamu sudah berkembang dan mencapai limit yang sudah ditentukan pada paket hosting yang digunakan, kamu bisa melakukan upgrade ke paket dengan limit yang lebih besar dari paket sebelumnya, atau pindah ke VPS.

#3. Hal Penting Dalam Memilih Hosting

a. Uptime

Salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh sebuah web hosting adalah dapat menjalankan situs web selama 24×7.

Sehingga kamu membutuhkan sebuah hosting yang memiliki perfoma server dan konektivitas maksimal.

Tentu kamu tidak ingin kehilangan pengunjung karena website tidak bisa diakses.

Nilai uptime 95.5% ke atas adalah yang saya rekomendasikan, dan layanan yang saya sarankan sebaiknya gunakan layanan hosting Niagahoster, karena memiliki uptime sebesar 99.9%.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pengecekan dengan tools untuk monitoring server. Selain itu, kamu bisa melihat langsung keterangan mengenai uptime di website layanan hosting yang akan digunakan.

b. Fitur Addon Domain

Harga untuk sebuah domain terbilang cukup murah, hanya berkisar seratus ribuan untuk 1 tahun full. Untuk kamu yang berencana mengelola lebih dari 1 website, pastikan paket hosting yang akan digunakan mempunyai fitur addon domain minimal 5 – 10 domain.

c. Terdapat Pilihan Upgrade

Pastikan terlibih dahulu layanan hosting yang akan kamu gunakan memiliki layanan untuk upgrade jika website kamu melebihi limit. Tapi jika kamu berencana untuk mengelola website dengan kebutuhan yang besar, saya sarankan menggunakan VPS.

d. Control Panel Yang Mudah Digunakan

Kontrol panel merupakan sebuat tool yang dapat mempermudah kamu mengelola website di akun hosting. Mulai dari install website, membuat email sampai melakukan maintenance.

Oleh karna itu pastikan kontrol panel yang disediakan dapat dgn mudah digunakan. Karena tanpanya ada kontrol panel diperlukan kemampuan untuk mengelola server menggunakan perintah command.

Saat ini, kontrol panel yang banyak digunakan oleh layanan hosting adalah cPanel. Hal ini karena mudah digunakan dan fiturnya sangat lengkap.

e. Support 24 Jam

Support 24 jam merupakan hal yang wajib ada sebelum kamu menentukan layanan hosting yang akan digunakan. Hal ini berguna untuk mendapatkan bantuan jika website kamu mengalami masalah pada pukul 11 malam atau dini hari.


Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya tulis mengenai Apa itu Hosting, Domain dan Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Yang Bagus.

Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Income Search:

  • apa itu hosting
  • apa itu hosting dan domain
  • apa itu hosting web
  • apa itu web hosting dan domain
  • pengertian web hosting dan contohnya
  • cara kerja web hosting
  • web hosting indonesia
  • fungsi web hosting

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *