Java

Belajar Pemrograman Java Part 1: Tutorial Dasar Java

Halo salam jumpa di pertemuan yang pertama di sesi belajar Java. Sebelumnya kita pernah belajar pemrograman jQuery. Pada pertemuan yang pertama saya akan mengulas tentang Tutorial Dasar Pemrograman Java.

Kita akan mengulas membuat aplikasi pertama serta penulisan syntax java. Dalam membuat sebuah aplikasi java, teman – teman harus memilih IDE/text editor yang lebih efektif, sehingga pesan error syntax java yang kita tulis bisa terlihat langsung.

IDE yang saya sarankan adalah NetBeans dan Eclipse, disini saya menggunakan NetBeans.


Membuat Aplikasi Pertama Java

Jika sudah terinstall IDE silahkan buka dengan IDE yang digunakan, misalkan kamu menggunakan NetBeans, klik FileNew Project.

Selanjutnya pilih Java Application kemudian klik next.

Setelah itu akan muncul form untuk mengisi sebuah nama projek yang akan dibuat, tempat penyimpanan projek dan nama folder projek. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Tekan finish jika sudah selesai memberi nama projek, langkah selanjutnya kita membuat class dalam projek java yang sudah kita buat tadi. Class ini difungsikan untuk menulis perintah – perintah atau fungsi java.

Cara membuat class baru, klik kanan pada projek java yang sudah dibuat, lalu pilih New, kemudian pilih Java Class.

Setelah itu isikan nama class yang akan kita buat, misalkan disini saya memberi nama classnya “Utama” lalu klik Finish.

Pada bagian ini merupakan projek yang sudah dibuat dengan package dan class yang siap kita buat. Kita hanya memberi perintah pada class Utama.java. Sedikit penjelasan dari saya, pada class Utama.java merupakan syntax pertama yang sudah ada ketika kita membuat projek java dengan NetBeans.

package belajarjava;

Syntax ini artinya class Utama.java yang kita buat berada dalam package belajarjava. Dimana package ini akan terbuat dengan sendirinya ketika kita membuat class untuk projek belajarjava tadi. Untuk package, kamu juga bisa membuat dengan cara manual.

public class Utama {
    
}

Nah untuk perintah diatas memberitahu kita bahwa class Utama dapat diakses oleh class yang lain, bahkan class ini bisa diakses dari luar package.

Jika kita compile aplikasi belajarjava ini maka NetBeans tidak mau menjalankan aplikasi yang sudah kita buat, karena aplikasi belum ada class utamanya. Istilahnya gini, netbeans bertanya, class yang harus saya jalankan. Jadi kita harus membuat class utamanya dulu.

Sekarang kita coba dengan menambahkan kode tambahan supaya aplikasi ini dapat ditampilkan, perhatikan syntax dibawah ini.

public class Utama {
    public static void main(String args[]){
	System.out.print("Halo nama saya Irvan Nurfazri");
}
}

Fungsi dari public static void main(String args[]) disini adalah mendeklarasikan suatu method tertentu.

Cara menjalankan aplikasi pada netbeans pun sangat mudah. Tinggal klik kanan, kemudian pilih Run File bisa juga dengan cara menekan tombol Shift+F6 pada keyboard.

Sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Perlu diingat, untuk penulisan syntax java selalu diakhiri dengan tanda semicolon (;).


Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan Tutorial Belajar Dasar Java. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah. Founder Hobigame.net Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *