Blog

4 Tips Beraktivitas Selama Masa New Normal

Beberapa bulan terakhir ini virus corona telah menyebar ke beberapa negara, temasuk di Indonesia ini sendiri. Kita juga menyadari bahwa COVID-19 ini membawa dampak yang cukup besar seperti, dampak pada perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Pemerintah pun telah menganjurkan masyarakat untuk mengarantina diri sendiri dan keluarga untuk tetap berada di dalam rumah. Ya, meskipun sudah berjalan selama empat bulan dan sekarang sudah memasuki masa “new normal” untuk beberapa wilayah, namun kita juga harus tetap waspada ketika beraktivitas di luar rumah.

Nah, dengan ditulisnya artikel ini saya akan memberikan sejumlah tips beraktivitas selama masa new normal. Bagi kamu yang bekerja di luar rumah, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk membaca tips dibawah ini hingga selesai.


1. Hindari Keramaian

foto: idxchannel.com

Selama masa new normal ini akhirnya kita diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah. Dan selama itu, kita juga pasti akan mengunjungi berbagai tempat, ntah itu tempat makan, mall, atau lainnya.

Ketika berada di dalam keramaian kamu harus menjaga jarak setidaknya 2 meter dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19, karena jika kita semakin dekat dengan orang lain, maka semakin tinggi juga resiko penularannya.

Hal tersebut juga berlaku untuk di luar ruangan, meskipun di luar ruangan lebih aman dibandingkan di dalam ruangan. Namun sebaiknya kamu hindari saja.


2. Selalu Gunakan Masker

foto: harianamanah.id

New normal bukan berarti kamu bisa beraktivitas di luar rumah dengan seenaknya saja. Tapi ikuti juga anjuran dari pemerintah yakni, menggunakan masker ketika berada di luar ruangan.

Meskipun kelihatannya sepele, namun dengan menggunakan masker ini peluang penyebaran virus lebih kecil jika dibandingkan dengan tidak memakai masker.

Seperti yang kita ketahui bahwa virus ini dapat menyebar tanpa kita sadari. Misalnya saja menyebarkan virus melalui percikan saat bernapas, bersin, batuk, dan lain sebagainya.

Cara ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga dapat mencegah agar orang lain tidak tertular.


3. Selalu Bawa Hand Sanitizer

foto: vixiest.com

Di poin ini jadikanlah kebiasaan kamu untuk selalu membawa hand sanitizer kemana pun kamu pergi.

Ketika masa karantina, kita bisa mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas di rumah.

.. Namun bagaimana jika beraktivitas di luar rumah?

Misalkan, kamu sudah menyentuh benda tertentu dan langsung ingin mencuci tangan. Tidak mungkin harus pulang dulu ke rumah atau menyinggahi tempat yang tersedia toilet umum seperti mall.

Oleh karena itu selalu biasakan diri untuk membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen kemana pun kamu pergi ya.


4. Gunakan Pakaian Berbahan Ringan dan Sejuk

foto: cermati.com

Menggunakan hand sanitizer dan masker akan membuatmu merasa panas dan berkeringat.

Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan pakaian yang berbahan sejuk dan ringan, serta hindari juga pakaian yang ketat dan berwarna hitam.


Nah itulah beberapa tips beraktivitas selama masa new normal, terutama untuk kamu yang bekerja di luar rumah.

Jika selama masa pandemi ini kamu merasakan sakit atau timbul gejala-gejala ringan dari COVID-19. Sebaiknya lakukan rapid test secepat mungkin, carilah tempat covid test terdekat dikotamu.

Bagaimana jika saya tidak menemukannya?

Jangan khawatir, di era sekarang ini teknologi sudah berkembang pesat. Kamu bisa menemukan lokasi tersebut melalui situs resmi Halodoc.

Di sana kamu dapat melakukan pencarian lokasi untuk Covid-19 test dengan mudah.

Selain itu, Halodoc juga merupakan situs portal kesehatan terpercaya di Indonesia. Disana terdapat berbagai informasi menarik seputar kesehatan, obat dan vitamin, juga bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.


Kesimpulan

Meskipun sudah diberlakukan new normal, tapi untuk menghadapi kehidupan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah.

Apalagi kita harus membiasakan diri seperti menggunakan masker dan membawa hand sanitizer kemana pun kita pergi.

.. Tapi apapun itu, tidak ada alasan lagi demi menjaga kesehatan untuk diri sendiri maupun keluarga atau orang lain

Walaupun saya seorang freelance yang sehari-hari menulis artikel di rumah dan sedang mengembangkan project source code aplikasi perpustakaan.

Namun saya sendiri tidak akan melupakan 4 tips diatas ketika hendak beraktivitas atau ke luar rumah.

Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah. Founder Hobigame.net Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *