PHP

Pemrograman PHP Part 2 : Tipe Data PHP dan Fungsinya

Seperti pemrograman pada yang lainnya, php juga mempunya beberapa tipe data. Tipe data ini bisa juga dikatakan sebagai  tipe dari isi Variabel.

Ada yang berbentuk Interger atau kata lainnya adalah angka, juga berbentuk String biasanya dengan sebutan kalimat atau kata.


Tipe Data Pada PHP

  • Interger
  • String
  • Float
  • Array
  • Boolean
  • Object
  • NULL
  • Resource

Hampir semua tipe data yang diatas sering digunakan untuk membangun sebuah aplikasi. Dibawah ini akan Saya jelaskan pengertian dan penggunaan untuk masing – masing tipe data PHP.


1. Tipe Data Interger

Tipe data interger ini adalah tipe data yang berbentuk angka bilangan bulat atau bilangan asli. Untuk penulisan tipe data tersebut tidak perlu menambahkan tanda petik, jika menambahkan tanda petik dalam penulisannya akan terbaca sebagai string. Dibawah ini adalah contohnya.

<?php
$bilangan_pertama = 12;
$bilangan_kedua = 78;
//variabel di atas merupakan variabel tipe data integer. 
?>

Cara penulisan tipe data Interger ini, dapat Kamu lihat pada contoh tipe data Interger diatas, ada dua buah variabel yang bernama $bilangan_pertama dan $bilangan_kedua.

Dua variabel tersebut membentuk bilangan bulat atau bilangan asli. Karena itu variabel diatas disebut sebagai tipe data Interger.


2. Tipe Data String

Tipe data String ini adalah tipe data yang berbentuk kalimat atau kata. Cara penulisan tipe data tersebut menggunakan tanda petik, kemudian isi tipe data di tengah – tengah tanda petik, sebagai contoh “Belajar PHP, Tipe Data String”

Dibawah ini adalah contohnya.

<?php 
$belajarphp = "Belajar PHP, Tipe Data String";
// variabel belajarphp di atas merupakan tipe data string karena berisi kalimat.
?>

Untuk contoh tipe data String diatas, terdapat variabel dengan nama belajarphp yang berisi kalimat “Belajar PHP, Tipe Data String”

Maka variabel belajarphp tersebut merupakan variabel yang bertipe data belajarphp.


3. Tipe Data Float

Tipe data float atau bisa juga disebut double, ialah tipe data yang berisi bilangan decimal. Cara penulisannya atau penggunaannya hampir sama persis dengan penulisan tipe data interger.

Karena tidak memerlukan tanda petik, dibawah ini adalah contohnya.

<?php
$angka = 20.001;
//variabel ini merupakan variabel yang bertipe data float karena berisi bilangan decimal.
?>

4. Tipe Data Array

Array merupakan tipe data yangg menyimpan banyak isi didalam sebuah variabel. Jika dianalogikan array adalah sebuah tempat, misalkan lemari ya.. Dimana lemari tersebut bisa menyimpan baju, celana, kaos, jas dan dasi.

Isi dari variabel array sudah ditandai dengan masing – masing data yang sudah di tentukan urutannya. Contohnya dibawah ini.

<?php
$lemari = array("Baju","Celana","Jas");
//variabel lemari di atas merupakan variabel bertipe data array karena memiliki banyak isi.
?>

Dapat Kamu lihat, contoh penulisan tipe data array. Untuk menggunakannya bisa menggunakan fungsi array(). Kemudian isi dengan data dan pisahkan menggunakan tanda koma pada tiap – tiap baris data variabel.

Contoh variabel diatas terdapat Baju, Celana dan Jas. Dimana Baju sebagai 0, lalu dilanjut Celana sebagai 1, kemudian Jas sebagai 2.

Angka yang diberikan pada tiap-tiap isi array dimulai dari angka 0 dan dilanjut dengan angka berikutnya, oke paham? Kita lanjut untuk Tipe Data Boolean.


5. Tipe Data Boolean

Tipe data boolean merupakan tipe data yang cuma memiliki dua buah nilai atau isi. Yaitu false dan true, atau 0 dan 1.

False yang disebut 0, dan True yang disebut 1. Jenis tipe data ini sering kali digunakan untuk memeriksa nilai kebenaran atau memeriksa ketersediaan pada sebuah data. Berikut ini adalah contohnya.

<?php
$x = false;
$y = true;
//variabel di atas merupakan tipe data boolean karena berisi nilai benar atau salah.
?>

Contoh diatas terdapat sebuah variabel x yang mempunya nilai false atau salah, sedangkan variabel y mempunyai nilai true atau benar.


6. Tipe Data Object

Tipe data object merupakan tipe data yang data dan informasi tentang mengolah data tersebut. Berikut dibawah ini adalah cara penggunaan tipe data object.

<?php
class irvannurfazri {
function irvannurfazri() {
$this->Irvan = "Nama saya Irvan, Saya seorang penulis blog";
}
}

// mendefinisikan penggunaan object
$Zidan = new irvannurfazri();

// output nilai object
echo $Zidan->Irvan;
?>

7. Tipe Data NULL

Tipe data yang satu ini, NULL hanya mempunyai satu nilai yaitu NULL atau kosong, berikut adalah contoh dari tipe data NULL.

<?php
$a = null;
?>

8. Tipe Data Resource

Tipe data Resource jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Sumber Daya” adalah tipe data spesial yang mereferensikan keterkaitan luar melalui fungsi, beda dengan tipe data lainya.

Tipe data ini berbentuk sebuah fungsi. Berikut adalah beberapa fungsi yang masuk ke-dalam tipe data Resource

mysqli_connect()

ini digunakan untuk menghubungkan ke database MySQL.

ftp_connect()

digunakan untuk menghubungkan dan membuka protokol FTP.

imagerotate()

digunakan untuk memutar suatu gambar.


Nah itulah artikel yang menjelaskan seputar Tipe Data Pada PHP yang diulas secara singkat. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah. Founder Hobigame.net Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *