Cara Mudah Cek Ranking Blog di Google


cara cek ranking blog di Google
5/5 (1)

IRVAN GEN – Tahukan kamu bahwa setiap detiknya ada sekitar 60 ribu pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet melalui mesin pencari Google?

Kebanyakan blog mendapatkan visitor dari hasil pencarian di Google? Tentu, peringkat artikel blog di hasil pencarian Google sangat penting untuk diperhatikan.

Jika kamu ingin mengetahui ranking blog di pencarian Google, artikel ini sangat cocok untuk dibaca sampai selesai. Karena dalam pembahasan mengenai cek posisi ranking artikel akan saya ulas semuanya disini.

Kebanyakan blogger baru melakukan pengecekan secara manual dengan mencari posisi konten melalui mesin pencari. Pedahal menggunakan cara itu belum tentu mendapatkan hasil yang akurat untuk kata kunci yang tertarget, belum lagi menghabiskan waktu.


Mengapa Harus Cek Peringkat Blog di Google?

Membuat artikel selain untuk berbagi, tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya dengan menyasar salah satu keyword dan muncul di halaman satu hasil pencarian Google.

Konten blog dengan perfoma SEO yang berkualitas baik biasanya akan mendapatkan posisi paling atas.

Baca: Tutorial SEO: Mengenal SEO On Page & Off Page Lebih Dalam

Untuk menempati posisi teratas tentu saja bukal sesuatu hal yang mudah. Apalagi ketika keyword yang kita targetkan mempunyai pesaing yang lumayan berat. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Langkah pertama adalah dengan mengecek ranking blog di Google. Pada langkah ini untuk memastikan posisi terakhir blog atau artikel di hasil pencarian.

Proses pengecekan ini bertujuan untuk memastikan dan memantau bagaimana kinerja dari SEO didalam artikel blog. Jika tidak mendapatkan peringkat yang bagus, berarti kamu harus memperbaiki kinerja SEO yang bekerja di halaman blog.

Melakukan pengecekan secara manual bisa saja melewatkan beberapa informasi penting yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki peringkat SEO dan meningkatkan traffic.

Berikut beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan proses pengecekan ranking blog di Google.


Daftar Tool Untuk Mengecek Ranking Blog di Google

Untuk saat ini ada banyak sekali tools yang berfungsi untuk melakukan pengecekan ranking blog di Google. Mulai dari tool yang berbayar (premium) ada juga yang disediakan secara gratis. Nah kita bahas tool gratis dulu.

1. SERPRobot

cara cek ranking blog di Google dengan serprobot

SERPRobot adalah web tool yang menyediakan layanan SERP Analytics. Kamu bisa menggunakan website ini untuk melihat/memantau pergerakan konten dan keyword yang ditargetkan.

Fitur yang tersedia adalah pengecekan ranking blog / website untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Kamu bisa memilih target negara atau lokasi spesifik. Selain itu kamu juga bisa melihat langsung peringkat kata kunci lebih dari 10 dan SERPLabs akan mengecek sesuai apa yang kamu hendaki.

Jadi, kenapa tidak mengecek ranking blog di Google sekarang juga? Gunakan SERPRobot dan tingkatkan kinerja blog kamu pada mesin pencari.


2. What’s My SERP

cara cek ranking blog di Google dengan what's-my-serp

Kamu bisa melakukan pengecekan peringkat blog dengan menggunakan What’s My SERP. Pengguna juga bisa memasukan lebih dari 10 kata kunci secara bersamaan untuk melihat hasil peringkatnya.

Caranya sangat mudah, cukup masukan domain blog / website yang kamu kelola, kemudian masukan beberapa keyword yang menjadi target, setelah itu eksekusi dengan cara klik tombol Cheack All.

Dengan otomatis sistem akan melakukan pencarian dan menganalisa posisi blog pada keyword yang sudah ditetapkan.

Selain itu, pengguna juga bisa menganalisis ranking bedasarkan negara yang ditargetkan.


3. SERPChecker

Dibanding dengan beberapa tools gratis lain, SERPChecker merupakan tool yang menyediakan informasi pengecekan ranking secara lengkap.

Namun, penggunaan tool ini sangat terbatas. Hanya memperbolehkan pengguna yang terdaftar melakukan pencarian sebanyak 5 kali sehari.

Proses pencariannya cukup mudah untuk dilakukan, pertama masukan salah satu kata kunci. Kemudian lokasi dan perangkat yang di jadikan target.

Kamu juga bisa membandingkan dengan pesaing. Kemudian melakukan analisis fitur SERP pada hasil pencarian di Google Search.


4. Google Search Console

cara cek ranking blog di Google dengan google search console

Google Search Console merupakan kumpulan tool yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Webmaster meningkatkan blog atau website miliknya agar bisa memiliki perfoma baik di dalam mesin pencari.

Kamu juga bisa melihat perfoma blog atau website pada hasil pencarian, impresi dan banyaknya click (CTR), peringkat dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga mengizinkan kamu untuk menambahkan XML sitemap yang mana bisa membantu Google untuk mengenali blog kamu dengan baik.

Tools yang di sediakan secara gratis diatas memang mempunyai beberapa batasan, sehingga tidak bisa memberikan informasi secara lengkap. Namun, dengan mengetahui fungsi – fungsi yang ada didalamnya, penggunaannya bisa di maksimalkan.

Baca: Cara Daftar & Verifikasi Google Webmaster Tools

Selain tool gratis, ada juga tool yang berbayar yang bisa kamu coba untuk mengecek ranking blog di Google.

Tools berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan maupun blogger yang mempunyai komunitas besat untuk menganalisa dan mengelola perfoma SEO blog / website mereka.

Berikut daftar tool berbayar untuk cek ranking blog di Google.


5. Ahrefs

cara cek ranking blog di Google dengan ahrefs

Ahrefs merupakan tools SEO populer yang digunakan oleh profesional markerter. Tools ini menawarkan interface yang ramah, tentunya mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya bisa dimengerti meskipun digunakan oleh pengguna baru.

Proses analisa bisa dilakukan dengan sederhana. Hanya memasukan domain kamu didalam kotak pencarian, dengan otomatis Ahrefs akan melakukan analisa kemudian memunculkan infromasi terkait dengan perfoma dan kualitas blog / website menggunakan grafik dan diagram yang menarik.

Kamu dapat menemukan ranking keyword dibawah bagian laporanĀ organic keyword. Kamu juga bisa melihat besarnya volume pencarian, posisi peringkat, keyword, keyword density, dan masih banyak lagi.


6. SEMRush

cara cek ranking blog di Google dengan SEMRush

SEMRush merupakan salah satu tool untuk melakukan penilitian SEO dan keyword populer. Mirip dengan Ahrefs, SEMRush memiliki banyak fungsi untuk meniliti bagaimana kinerja SEO dari blog.

Tool ini juga bisa menampilkan ranking keyword dari berbagai macam blog / website dengan berbagai informasi lainnya.

Tentu, kamu bisa menggunakan tool ini untuk metode pemasaran supaya blog / website kamu bisa tampil di peringkat 1 hasil pencarian Google.

Selain itu, SEMRush juga memiliki beberapa fitur untuk membandingkan blog kamu dengan beberapa website lain. Termasuk juga estimasi penghasilan dari website lain, traffic, keyword yang digunakan, dan informasi lainnya.


Kesimpulan

Ada banyak sekali tool yang bisa kamu gunakan untuk cek peringkat blog di Google. Kamu dapat memilih salah satu: tersedia juga tool gratis dan berbayar.

Meskipun tool yang berbayar memiliki banyak fitur dan memberi informasi yang lebih detail. Namun, saya sarankan untuk tetap menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan saja.

Saya berharap artikel ini bisa membantu kamu untuk memastikan konten blog kamu ada di peringkat yang sesuai dengan kata kunci.


Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenaiĀ Cara Mengecek Peringkat Website di Google. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Punya cita-cita jadi novelis dan pada akhirnya nyasar jadi penulis blog. Suka banget sama komik Marvel, tapi suka juga robot-robotan.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *