Pemrograman PHP Part 9 : Belajar Menampilkan Tanggal Pada PHP


Pemrograman PHP Part 9 : Belajar Menampilkan Tanggal Pada PHP 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-tujuh ini, masih dalam topik belajar PHP, pada kesempatan kali ini Irvan akan menulis tentang Cara Menampilkan Tanggal di PHP.

Sebelumnya kita sudah belajar Mengenal Array Pada PHP serta Pemanggilannya.

Bahasa pemrograman PHP dilengkapi dengan bermacam – macam fungsi yang membantu dan mempermudah seorang programmer dalam membuat sebuah program. Salah satunya fungsi yang digunakan adalah, untuk menampilkan tanggal.

Untuk menampilkannya bisa menggunakan fungsi date(), format tanggal bisa diatur didalam tanda kurung. Biasanya pada saat membuat sebuah website atau sistem informasi fungsi date ini digunakan untuk mengambil dan menyimpan data tanggal. Data tanggal yang diambil adalah tanggal dari server.

Contohnya, jika teman – teman membuat sebuah program yang dapat menyimpan tanggal pendaftaran, tanggal pengimputan, tanggal jadwal dan tanggal lainnya. Nah disinilah date() berfungsi.

Saya rasa semua website atau aplikasi juga pasti menggunakan fungsi date() karena untuk mendapatkan data tanggal, termasuk CMS WordPress yang menggunakan fungsi date() yang digunakan untuk nyimpan tanggal postingan.

Mengatur output tanggal yang ingin ditampilkan seperti format tanggal, bulan dan tahun akan dijelaskan dibawah ini.

MENAMPILKAN TANGGAL PADA PHP

salah satu contoh format penulisan dan penggunaan fungsi date() dibawah ini.

Untuk parameter format isi dengan penulisan tanggal yang ingin ditampilkan, dan untuk parameter timestamp ini adalah opsional, artinya jika teman – teman ingin mengisinya boleh, dikosongkan juga boleh.

Ada beberapa format karakter tanggal yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan teman -teman, dan format karakter dibawah ini memiliki kegunaanya masing – masing.

l = karakter L (menggunakan huruf kecil) digunakan untuk menampilkan nama Hari dalam bentuk kalimat.
D = karakter D digunakan untuk untuk menampilkan nama Hari, tetapi dalam 3 digit.
= karakter D (menggunakan huruf kecil) format ini digunakan untuk menampilkan Tanggal dalam tipe angka dari 1 sampai 31 digit.
= digunakan untuk menampilkan format Bulan dalam tipe angka dari 1 sampai 31 digit.
= (menggunakan huruf kecil) berbeda dengan diatas, format kecil ini digunakan untuk menampilkan Bulan dalam tipe kalimat.
Y = format ini digunakan untuk menampilkan Tahun dalam bentuk angka 4 digit.
y = (menggunakan huruf kecil) digunakan untuk menampilkan Tahun, tetapi mempunyai 2 digit, dan angka yang ditampilkan adalah dua angka terakhir dari Tahun.

Setelah itu ada beberapa karakter khusus yang digunakan sebagai pemisah Tanggal, Bulan dan Tahun. Seperti “” (strip), “/” (garis miring) dan “,” (koma).

Contoh kode program fungsi date()

Hasilnya..

menampilkan tanggal
fungsi_date_php

Menampilkan Waktu Pada PHP

Untuk penggunaan fungsi date() kita juga dapat menampilkan waktu seperti jam,menit,detik serta am dan pm. Contohnya seperti dibawah ini.

= karakter S (menggunakan huruf kecil) berfungsi untuk menampilkan detik.
i = karakter I (menggunakan huruf kecil) berfungsi untuk menampilkan menit.
h = karakter H (menggunakan huruf kecil) berfungsi untuk menampilkan pukul / jam tetapi dalam format 12 jam saja.
H = berfungsi untuk menampilkan pukul dalam format 24 jam.
a = berfungsi untuk menampilkan waktu am atau pm.
A = berfungsi untuk menampilkan waktu am atau pm dalam huruf besar (AM dan PM)

Contoh kode program waktu

Hasilnya…

menampilkan tanggal
fungsi_date_php_1
Penutup

Nah itulah cara menampilkan waktu di bahasa pemrograman PHP, semoga teman – teman paham. Apabila ada yang salah dalam penjelasan atau tidak mengerti, silahkan diskusikan di form komentar dibawah ini. Semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *