Pemrograman PHP Part 5 : Cara Penggunaan Switch Case di PHP


Pemrograman PHP Part 5 : Cara Penggunaan Switch Case di PHP 1

IRVAN GEN – Salam jumpa kembali di pertemuan yang ke lima, masih di topik belajar php. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Penggunaan Switch Case Pada PHP.

Di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar Memahami Kondisi IF-ELSE

Perintah switch pada PHP ini digunakan untuk memeriksa suatu nilai yang benar dengan memiliki banyak pemilihan. Pengecekannya hampir sama dengan penggunaan If-else yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Untuk contohnya teman – teman bisa lihat langsung dibawah ini, dibawah ini merupakan contoh penulisannya.

BELAJAR PHP SWITCH CASE

Jika kita run, maka hasil outputnya akan menampilkan.

belajar php switch case 1

Nah bisa teman – teman lihat sendiri.. hasilnya adalah angka lima. Mengapa bisa terjadi? Coba teman – teman lihat pada variabel $angka =

variabel tersebut meminta untuk memeriksa “5”. Maka isi yang keluar adalah “Isi variabel angka ini adalah Lima”. Sedangkan jika teman – teman menggantinya dengan angka lain, misalnya 3. Maka yang keluar adalah “Isi variabel angka ini adalah Tiga”.

Bagaimana paham? Silahkan coba sendiri jalankan di xampp.

Pengecekannya ini dapat dilakukan sampai seterusnya, selama suatu nilai masih dapat ditemukan maka akan dijalankan perintahnya masing Рmasing. Oh iya perintah break ini berfungsi untuk menghentikan jika pengecekan sudah terpenuhi kebutuhannya, dalam arti tidak ada.

Untuk pengecekan yang sudah terpenuhi atau tidak ada, bisa dilihat pada contoh dibawah ini.

Hasilnya setelah diganti

belajar php switch case 2

Pesan yang keluar adalah “Isi variabel tidak di temukan” Ya memang, kode diatas tidak ada isi variabel yang menunjukan angka 10, artinya pengecekan tersebut sudah terpenuhi, atau bisa juga di katakan tidak ada.

 

Baik Irvan sudahi pembahasan mengenai Belajar PHP Switch Case. Bila ada yang salah atau kurang silahkan diskusikan di form komentar dibawah ini, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *