Pemrograman PHP Part 6 : Penulisan dan Pengertian Perulangan While


Pemrograman PHP Part 6 : Penulisan dan Pengertian Perulangan While 1

IRVAN GEN – Salam jumpa kembali di pertemuan yang ke enam, masih di topik belajar php. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Pengertian Serta Cara Penulisan Perulangan While.

Sebelumnya kita sudah belajar Cara Penggunaan Switch Case Pada PHP

Struktur Perulangan While Pada PHP

Situasi ini dimana kita membuthkan kondisi perulangan yang tdk dapat di pastikan berapa kali perulangan akan dilakukan, jadi kita tidak bisa menggunakan perulangan for.

Misalnya kita ingin membuat aplikasi tebak angka, dimana kamu akan menebak angka 5, dari 1 sampai 20. Untuk kondisi ini, kita tidak dapat mengetahui berapa kali kamu akan menebak angkanya.
Bisa saja kamu coba menebaknya sebanyak 4,10,15 atau 20 kali sebelum angka tersebut berhasil di terka.

Sebagai contoh cara penggunaan struktur while yang sederhana, berikut dibawah ini adalah contoh kode PHP dari perulangan while.

Setelah dijalankan teman – teman bisa lihat hasilnya seperti ini.

perulangan while php 1

Menampilkan angka 1 sampai 20. Berhubungan di artikel ini akan mengulas struktur perulangan while secara tuntas, maka simak baik – baik.

Penulisan Struktur Perulangan While Pada PHP

Seperti contoh diatas, struktur while pada PHP ini terbagi dua bagian, yakni, kondisi yang harus terpenuhi untuk proses perulangan, dan baris perintah yang akan di proses secara berulang.

Struktur dasarnya seperti ini.

Condition = Kondisi yang harus di penuhi agar perulangan berlangsung. Kondisi ini sama seperti perulangan for. Selama condition bernilai benar atau true, maka perulangan akan terus dilakukan. Kecuali hasilnya false/salah maka proses perulangan terhenti.

Statement = Kita dapat membuat beberapa kode program untuk menampiilkan perintah seperti echo, atau perintah lainnya yang lebih kompleks. Akan tetapi didalam bagian ini harus ada baris program yang digunakan untuk penghenti perulangan.

Misalnya dibagian condition kita menggunakan variabel counter $i, maka dibagian statement harus ada baris program yang membuat condition bernilai Salah/False, kalau tidak proses perulangan tidak akan berhenti (infinity loop).

Tanda kurung kurawal di perlukan untuk membatasi blok yang akan diulang. Jika statement hanya terdiri dari 1 baris, maka tanda kurung kurawal tidak diperlukan.

Bagaimana paham? Jika masih bingung, saya akan menampilkan contoh sebelumnya.

Lihat pada baris yang ke-dua “$i=1;”. Saya membuat variabel i dan memberi nilai satu. Variabel $i ini yang akan digunakan sebagai counter untuk kodisi while.

Kemudian untuk while, didalam tanda kurung itu adalah condition yang harus di penuhi agar proses perulangan berjalan. ($i <= 20) saya buat sebagai penanda akhir while, artinya selama variabel $i kurang dari dua puluh, maka lakukan perulangan.

While ($i <= 20) berarti bahwa jika nilai variabel $i = 21, maka perulangan akan terhenti. Didalam kode program kita harud buat sebuah baris statement yang digunakan untuk terus menambah nilai, agar nilai $i dapat mencapai angka lebih dari 20 untuk menghentikan perulangan.

Selanjutnya kode echo ini akan menampilkan hasilnya di baris ke-lima dan ke-enam.
Saya tambahkan “$i=$i+1;” untuk menambahkan nilai counter pada variabel $i sebanyak satu angka di setiap perulangan, sehingga pada perulangan ke dua puluh nilai $i akan menjadi 21.

Kondisi while akan menghasilkan false, sehingga proses berhenti.

Kamu juga dapat bebas menentukan awal dari variabel counter $i, misalnya mulai dari angka 50 dan mundur kebelakang. Sebagai contoh, kode programnya dibawah ini.

Setelah dijalankan hasilnya akan terlihat seperti di gambar ini.

perulangan while php 2

Nah perulangan while tersebut akan menghasilkan angka yang menurun, dimulai dari 50 sampai 0. Bisa di lihat teman – teman kode program pada baris ke-tujuh ini $i-=4; yang artinya setiap nilai akan dikurangi 4.

Cara Penulisan Nested Loop untuk While

Teman – teman juga dapat membuat perulangan bersarang dengan struktur while, contohnya seperti dibawah ini.

Hasilnya..

perulangan while php 3

Gambar diatas merupakan contoh seperti nested loop untuk tutorial perulangan for.
Dimana kode diatas menampilkan angka 0-19 sebanyak 9 angka.

Penulisan Alternatif Struktur Perulangan While

PHP menyediakan blok while, biasanya menggunakan tanda kurung kurawall dengan endwhile. Contoh penulisan alternatif struktur perulangan while pada PHP.

Untuk penulisan alternatif ini, Irvan mengganti tanda kurung kurawal untuk menandai blok while dengan tanda titik dua (:) pada awal perulangan, dan perintah endwhile di akhir blok.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai Perulangan While Pada PHP. Apabila ada yang kurang atau salah baik dalam penyampaian atau penulisan, silahkan tulis komentar dibawah ini. Semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sampai jumpa di tutorial berikutnya, Terimakasih.

referensi : duniailkom

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *