Pemrograman PHP Part 7 : Penulisan dan Penjelasan Perulangan For


Pemrograman PHP Part 7 : Penulisan dan Penjelasan Perulangan For 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-tujuh ini, masih dalam topik belajar PHP, pada kesempatan kali ini Irvan akan menulis tentang Perulangan For Pada PHP.

Sebelumnya kita pernah belajar Penulisan Perulangan While Pada PHP

Perulangan for ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah perulangan pada program termasuk dalam bahasa program PHP. Tujuannya hampir sama seperti perulangan while, namun perulangan while mempunyai jumlah batas yang tidak diketahui. Sedangkan perulangan for ini memiliki batas berapa kali perulangan di ulangi, sehingga batasnya sudah di tentukan pada kondisi perulangan for.

Untuk lebih detailnya, lihat contoh kode program perulangan for dibawah ini.

Hasilnya…

Pemrograman PHP Part 7 : Penulisan dan Penjelasan Perulangan For 3

Contoh perulangan for diatas kita dapat menentukan nilai dari variabel x sama dengan 1, lalu variabel yang lebih kecil dan sama dengan 20. Artinya 1 sampai dengan 20, bagaimana paham?

Saya ulangi lagi, mari kita ambil variabelnya. Variabel $x isinya adalah 1, kemudian ada kode $x<=20 yang artinya variabel tersebut akan menampilkan sampai dengan 20, dan echo $x akan menghasilkan output dari variabel $x.

Untuk penulisan perulangan for, kondisi perulangan diletakan didalam tanda kurung kurawal ({}).

Selain itu kita juga dapat membuat perulangan yang menampilkan string atau kalimat, dengan jumlah yang kita inginkan. Untuk teknik ini pun sangat diperlukan pada saat kita membangun sebuah program.

Misalkan, teman – teman ingin menampilkan sebuah kalimat sebanyak sepuluh kali, tentu akan memakan waktu untuk membuat manual atau copy paste sebanyak sepuluh kali, bayangkan berapa lama waktu yang terbuang. Walaupun hanya satu menit.

Nah dengan menggunakan teknik perulangan for ini akan lebih memudahkannya. Contoh penulisannya dibawah ini.

Contoh Penulisan Perulangan For Yang Menampilkan String

Hasilnya..

Pemrograman PHP Part 7 : Penulisan dan Penjelasan Perulangan For 4

teman – teman bisa dipahami sendiri ya, dengan kode program diatas.

Mungkin itu saja pembahasan seputar Perulangan For Pada PHP. Jika ada yang salah atau kurang mohon dimaafkan, silahkan diskusikan pada form komentar dibawah ini. Semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *