Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP


Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 1

IRVAN GEN – Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Tipe Data Pada PHP. Kali ini Irvan akan menulis Fungsi Manipulasi String dan bagaimana cara untuk melakukannya.

Ada beberapa fungsi dasar string untuk di manipulasi dengan PHP yang harus Sobat ketahui.

Maksud dari manipulasi string ini adalah, misalkan Sobat dapat memfilter karakter atau kata tertentu yang ada didalam string, menghitung jumlah seluruh karakter yang ada pada string, mengganti karakter tertentu yang ada pada string dengan karakter lainnya.

Bagaimana paham? Oke langsung saja Sobat simak beberapa fungsi manipulasi string dibawah ini.

1. Menghitung Jumlah Kata String dengan str_word_count()

str_word_count() untuk menghitung jumlah kata yang ada di string, Sobat bisa gunakan fungsi yang sudah disediakan oleh PHP yaitu, str_word_count().

Dibawah adalah cara penggunaan dari fungsi str_word_count() untuk menghitung jumlah kata pada sebuah string.

Hasilnya akan terlihat..

Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 3

Variabel kata berisi sebuah string “Belajar pemrograman php manipulasi string irvannurfazri com” kemudian kita menggunakan string tersebut dengan fungsi str_word_count() untuk menghitung jumlah katanya. Sehingga hasilnya adalah 7, yang artinya string tersebut memiliki tujuh buah kata.

Fungsi diatas hanya menghitung jumlah kata saja, tidak termasuk dengan karakter khusus “:” dan “.” bagaimana paham? Kita lanjut ke fungsi selanjutnya.

2. Menghitung Jumlah Karakter

Menghitung jumlah darii sebuah string, Sobat bisa menggunakan fungsi strlen(). Beda dengan fungsi sebelumnya yang dikhususkan untuk menghitung jumlah kata, dengan fungsi strlen() ini Sobat dapat menghitung seluruh kata yang ada pada string.

Bagaimana contohnya? Baik simak dibawah ini sebagai contoh penulisan menggunakan fungsi strlen().

Hasilnya akan terlihat..

Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 4

Contoh diatas merupakan hasil dari fungsi strlen() kalimat yang memiliki sebuah string “Belajar pemrograman php manipulasi string : irvannurfazri.com” fungsi ini mengihitung jumlah kata (spasi juga dihitung) yang ada pada string.

Sehingga hasilny 61, yang artinya adalah string tersebut memiliki 61 kata.

3. Mengganti dan Memfilter String dengan str_replace()

str_replace berfungsi sebagi pengganti string. Contoh, didalam sebuah string terdapat kata atau huruf yang ingin diganti menggunakan kata lain, maka kita bisa gunakan fungsi str_replace().

Contoh penulisan format dan penggunaannya dibawah ini.

Coba lihat kode diatas, str_replace memiliki 3 parameter, yang pertama adalah kata yang ingin diganti, kedua diganti, ketiga dengan kata ini.

Sebagai berikut penggunaanya.

Contoh 1

hasil contoh 1

Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 5

$contoh3 “Belajar pemrograman php manipulasi string irvannurfazri” pada parameter pertama yang berisi kata “Belajar” dibuang atau diganti oleh parameter kedua yang isinya “Tutorial” dan parameter ketiga pemanggilan variabel $contoh3

Maka hasilnya adalah Tutorial pemrograman php manipulasi string irvannurfazri.

Contoh 2

hasil contoh 2

Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 6

Nah lho, kok hasilnya beda dengan contoh pertama.

Iya beda karna Saya hanya ingin membuang kata pemrograman, jadi untuk parameter pertama Irvan menuliskan kata “pemrograman” dan dibuang oleh parameter kedua dengan cara mengkosongkannya. Sehingga hasil dari output contoh 2 adalah Belajar php manipulasi string irvannurfazri.

Baik sampai sini paham? Oke kita lanjut ke pembahasan terakhir.

4. Fungsi strrev() Membalikan String(Reverse)

Fungsi ini digunakan untuk membalikan urutan kata pada string, oke untuk contohnya langsung saja cara penulisan strrev dibawah ini

Hasilnya…

Pemrograman PHP Part 3 : Fungsi Manipulasi String Pada PHP 7

Nah seperti itulah fungsi dari strrev() ini, dengan menggunakan fungsi ini string pada variabel tertentu hasil outputnya akan seperti ini. Sedikit pusing ya hehe 😀

 

Demikian penjelasan tentang Tutorial Manipulasi String Pada PHP. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang salah dengan penjelasan ataupun penulisan harap maklum.

Terima Kasih

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *