Pemrograman PHP Part 10 : Mengenal Include dan Require


Pemrograman PHP Part 10 : Mengenal Include dan Require 1

IRVAN GEN – Sudah beberapa hari Irvan belum sempat nulis lagi karena sibuk dengan tugas – tugas kuliah. Pada kesempatan ini kita lanjutkan belajar PHP pertemuan yang ke-10, yaitu tentang Include dan Require.

Sebelumnya kita pernah belajar Mengenal Tanggal Pada PHP

Disini akan saya jelaskan fungsi dari include() dan require() apa kegunaan dari fungsi tersebut, kapan juga kita harus menggunakannya, serta apa perbedaan dari ke-duanya dan mengapa kita menggunakan include_once dan require_once. Oke langsung saja dibawah ini adalah pengertiannya.

include_once dan require_once adalah suatu perintah program PHP untuk menyisipkan sebuah file .php ke file .php lainnya, istilahnya mengimpor file kedalam file, artinya saling berhubungan. Dengan fungsi ini akan mempermudah kita dalam membuat sebuah program, karena tidak perlu menulis kode program secara berulang.

Contohnya saya ingin membuat file index.php, untuk footer saya ingin membuatnya secara terpisah, maka saya buat file footer.php dan di isi dengan kode program. Nah untuk file index.php saya membutuhkan footer, maka saya panggil fungsi dari include() untuk memanggil footer.php kedalam index.

Bagaimana teman – teman sudah mengerti?

Cara Penulisan Include dan Require Pada PHP

Adapun aturan penulisan kode include dan require yang benar agar program yang teman – teman buat tidak terjadi error saat dijalankan. Untuk penulisan dan penggunaannya sangat mudah, contohnya kita memiliki file index, namun kita ingin menyisipkan file header dibagian atas. Maka kode programnya seperti yang ada dibawah ini.

Contoh diatas adalah contoh menyisipkan file header.php ke file index.php. Jika menggunakan require contohnya dibawah ini.

Nah untuk ke-dua kode program diatas adalah kode dimana file tersebut didalam folder yang sama.. Bagaimana jika file yang ingin kita sisipkan berbeda folder atau di luar folder? cukup mudah, teman – teman hanya menambahkan “../” saja. Contohnya dibawah ini.

atau

Jika file yang kita butuhkan berada di folder lain, teman – teman bisa tambahkan nama folder.

Contoh Penggunaan Include dan Require Pada PHP

Diatas kita sudah memahami cara penulisannya, sekarang kita praktikan. Siapkan dua buah file php, yang pertama saya akan membuat file index.php dan yang ke-dua file heading.php

kode program untuk heading.php

Jika kita jalankan hasilnya akan terlihat seperti ini.

Belajar PHP include dan require
Belajar PHP include dan require

Diatas adalah contoh penggunaan include() teman – teman bisa juga bisa coba menggunakan require(). Namun ada sedikit perbedaan, perbedaannya. Untuk fungsi include, jika teman – teman salah peletakan lokasi file maka program akan tetap dilanjutkan namun tidak memunculkan pesan error, hanya saja file yang disisipkan tidak akan muncul, contohnya saya menyisipkan file heading.php ke file index.php jika salah lokasi, maka tidak akan muncul “Belajar pemrograman PHP

Untuk fungsi require, jika file yang disisipkan tidak tersedia atau salah lokasi. Maka program yang dijalankan akan terhenti dengan sendirinya. Bagaimana teman – teman paham?

Perbedaan Include, Require, include_once dan require_once pada PHP

Perbedaan include dan require kurang lebih seperti yang sudah dijelaskan diatas, namun untuk include_once dan require_once. Fungsi ini digunakan hanya untuk sekali pemanggilan saja, walaupun Kamu menggunakannya secara berulang, tetap yang dipanggil hanya satu kali.

Untuk include() dan require() jika disisipkan beberapa kali dalam file maka akan menyebabkan error atau redeclare(deklarasi ganda).

contoh penulisan kode program include_once

contoh penulisan kode program require_once

Penutup

Nah itulah pembahasan kita yang di pertemuan ke-10 ini, jika ada yang kurang atau salah baik dalam penyampaian atau penulisan, silahkan diskusikan di form komentar. Semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih

Income Search

  • perbedaan include dan require php
  • include vs require php
  • include php require once
  • fungsi include dan require pada php
  • perbedaan fungsi include dan require di php
  • include require in php
  • include vs require in php
  • include vs require_once php

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *