Pemrograman PHP Part 8 : Pemanggilan Array Pada PHP


Pemrograman PHP Part 8 : Pemanggilan Array Pada PHP 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-tujuh ini, masih dalam topik belajar PHP, pada kesempatan kali ini Irvan akan menulis tentang Mengenal Array Pada PHP serta Pemanggilannya.

Sebelumnya kita sudah belajar Perulangan For.

Mengenal Array Pada PHP

Sebelumnya apakah teman – teman sudah tau apa itu Array? dan bagaimana cara pemanggilannya?

Array adalah suatu type yang mampu menyimpan banyak nilau / value. Tipe data array sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, jika teman – teman belum memahaminya silahkan pelajari Tipe Data Pada PHP.

Karena Array memiliki banyak data, maka isi dari array ditandai dengan angka di setiap isi dari array. Masing – masing angka pada array di isi dimulai dari angka 0, kemudian dilanjut dengan angka 1,2,3 dan seterusnya. Ada dua cara pemanggilan atau penamaan array, yang pertama dengan cara memanggil menggunakan angka default, dan yang ke-dua dengan penamaan pada masing – masing array.

Membuat dan Memanggil Data Pada Array Secara Biasa

Secara default, disetiap isi dari variabel array di beri nomor urut, dimulai dengan angka 0 (nol),1,2,3 dan seterusnya. Contohnya seperti kode dibawah ini.

Teman – teman lihat contoh kode program diatas, kode tersebut memiliki sebuah variabel $barang yang berisi Televisi, Radio, Handphone dan Laptop.

Nah pertanyaannya berapakah total angka yang ada pada variabel $barang…? Yups benar totalnya 3. Sudah dijelaskan diatas tadi bahwa array dimulai dari angka 0. Jika angka 0 adalah Televisi, angka 1 adalah Radio, angka 2 adalah Handphone, dan angka 3 adalah Laptop. Maka disini fungsi echo untuk menampilkan isi variabel $barang[1] hasilnya adalah Radio.

Hasilnya..

Pengenalan Array Pada PHP
Pengenalan Array Pada PHP_1

Membuat dan Memberi Nama Pada Isi Array

Untuk menambahkan nama di tiap -tiap isi Array caranya seperti kode dibawah ini.

Hasilnya..

Pemanggilan Array Pada PHP_2
Pemanggilan Array Pada PHP_2

Nah coba lihat contoh kode program diatas, variabel tersebut dibuat berdasarkan nama barang dan semuanya memiliki isi. Atau teman – teman juga bisa menambahkan syntax seperti contoh berikut ini.

Jika dijalankan hasilnya pun akan sama seperti sebelumnya, cuma kode program diatas lebih praktis.

Contoh Penerapan Array Dengan Perulangan For

Jika teman – teman sudah belajar Perulangan For, langsung saja terapkan. Contoh kode nya seperti dibawah ini.

Setelah dijalankan hasilnya….

Pemanggilan Array Pada PHP_4
Pemanggilan Array Pada PHP_4

Function count() untuk menghitung isi array, perulangan diatas akan menghasilkan 0 sampai dengan 3. Mengapa 3, karena kita menggunakan lebih kecil dari isi array. Sehingga kita bisa menampilkan isi array menggunakan urutan angka for.

Penutup

Nah mungkin itu saja teman – teman yang bisa Irvan jelaskan untuk Pemanggilan dan Penggunaan Array Pada PHP. Jika ada yang kurang atau salah, mohon diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat beramanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *