Belajar JQuery Part 1 : Pengenalan dan Pengertian Serta Cara Menggunakannya

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa di pertemuan pertama di sesi belajar JQuery. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar pemrograman JQuery dari dasar, serta memahami pengertian dan bagaimana cara menggunakan JQuery.

Bagi kamu yang belum mengerti apa sih itu JQuery dan bagaimana cara menggunakannya. Oke saya rasa teman – teman tepat menemukan artikel ini, karena pada sesi ini kita akan membahasnya. Untuk itu simak dengan baik agar mudah kita pahami.

Pengertian JQuery

JQuery merupakan library framework JavaScript. Secara singkatnya JQuery merupakan pengembangan dari JavaScript yang sengaja dibuat untuk mempermudah kita dalam mengembangkan sebuah website atau program yang sedang kita bangun.

Sampai saat ini JQuery sudah dikenal dalam dunia web programming, banyak plugin – plugin web lainnya yang dibangun menggunakan JQuery sebagai basenya, contohnya seperti plugin grafik, export html to image, kemudian ada plugin calendar, desain web komponen dan lainnya.

Hampir semua developer di dunia menggunakan framework yang satu ini sebagai pengganti JavaScript, artinya developer tidak perlu lagi menulis syntax javascript yang terbilang panjang untuk sebuah event.

JavaScript sudah dibungkus menjadi fungsi – fungsi yang siap kita gunakan, untuk menggunakannya kita harus melakukan penghubungan file JQuery dengan file HTML atau PHP. Caranya sama seperti kita menghubungkan file JS seperti biasa.

Apa Saja Kelebihan JQuery

Adapun beberapa kelebihan JQuery yang dapat saya rasakan sendiri. Mungkin juga setelah teman – teman memahami serta mempelajari lebih dalam lagi tentang framework JQuery akan bertambah kelebihan yang saat ini saya rasakan.

  1. Mudah dimengerti.
  2. Ringan.
  3. Mudah digunakan.
  4. Gratis 😀
  5. Bisa dikembangkan untuk membuat plugin – plugin web lain
  6. Penulisan syntax yang singkat, namun memiliki kegunaan yang besar.

Itulah beberapa kelebihan yang dapat saya rasakan saat menggunakan framework ini. Baik sekarang kita lanjut dengan Cara Menggunakan JQuery.

Cara Menggunakan Framework JQuery

Ada beberapa cara untuk menggunakan JQuery, diantarnya adalah.

  • Menggunakan JQuery Offline
    Dengan cara mendownload file JQuery, kemudian kita hubungkan dengan file HTML atau PHP.
  • Menggunakan JQuery Online
    Dengan cara ini, teman – teman tidak perlu mendownload file JQuery. Saat menghubungkan file HTML atau PHP kamu hanya menuliskan live link JQuery saja.

Cara Menghubungkan File HTML dengan JQuery Secara Offline

Sebelum kita praktikkan untuk menghubungkan file HTML dengan JQuery, silahkan teman – teman download dulu frameworknya. Karena cara yang kita gunakan ini secara offline, jadi perlu file JQuery untuk digabungkan dengan file HTML atau PHP.

Kunjungi web JQuery disini atau bisa langsung download filenya disini. Setelah itu akan muncul tab baru, langkah selanjutnya teman – teman klik kanan kemudian klik save link as dengan nama jquery-3.3.1.js. Simpanlah pada direktori tempat file – file program kamu.

Download jQuery 3
Download jQuery 3

Saat ini saya menyimpannya di data E/DATA/irvannurfazri/belajar/JQuery

Langkah selanjutnya, buat file HTML untuk belajar menghubungkan dengan jQuery, dibawah ini saya sudah membuat INDEX. Silahkan tulis kode dibawah ini.

Nah kode diatas pada bagian <script type=”text/javascript” src=”jquery-3.3.1.min”></script> berfungsi untuk menghubungkan file JQuery, jika file jQuery beda lokasi dengan file HTML. Teman – teman bisa memanggilnya dengan lokasi JQuery yang disimpan.

Cara Menghubungkan File HTML dengan JQuery Secara Online

Seperti apa yang sudah di umumkan pada situs resminya, untuk mengubungkan JQuery secara online harus menggunakan aturan ini.

Untuk menggunakan cara ini tentunya teman – teman harus terkoneksi dengan internet agar dapat berjalan dengan baik. Ya karna memang ini merupakan pemanggilan JQuery langsung dari server dan kemudian baru bisa dihubungkan ke file HTML atau PHP.

Atau bisa juga menggunakan file JQuery dengan link yang disediakan oleh microsoft.

Bukan itu, itu google juga menyediakan link JQuery

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Pengertian dan Cara Menggunakan JQuery. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Follow Me

Irvan Nurfazri

Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya. Meskipun upaya tak berbuah sempurna.

Menulis apa yang saya suka, berbagi apa yang saya ketahui.
Follow Me

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Facebook Twitter Google Plus Instagram