Belajar MySQL Part 1 : Mengenal MySQL


Belajar Dasar MySQL
Belajar Dasar MySQL

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa di pertemuan pertama, di sesi ini kita akan mulai belajar MySQL. Sebelum memulainya, ada baiknya kita mengenal dan memahaminya terlebih dahulu apa itu MySQL.

Agar nantinya kita bisa paham cara mengatur dan bermain dengan database sebagai pusat data dari sebuah program atau aplikasi yang kita buat.

Tutorial Dasar : Apa itu MySQL

Untuk teman – teman yang belum mengerti seputar MySQL, pasti ada yang menanyakan hal ini. Apa sih MySQL itu, dan untuk apa kegunaan darinya?

Disini Irvan akan coba jelaskan secara singkat pengertian dan pengenalan mengenai MySQL. Sebelumnya teman – teman harus kenal dulu yang namanya SQL, SQL adalah sebuah singkatan dari Structure Query Languange yang merupakan bahasa komputer untuk memanajemen data dari relasi database.

Belajar MySQL Part 1 : Mengenal MySQL 1

Sedangkan MySQL salah satu database manajemen sistem yang paling populer saat ini, MySQL juga selalu menjadi pilihan utama untuk digunakan sebagai basis data di aplikasi berbasis web.

Lalu bedanya apa SQL dan MySQL? Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, bahwa SQL merupakan bahasanya sedangkan MySQL adalah management system nya. SQL masih berhubungan dengan MySQL, karna mysql menggunakan sql sebagai bahasa untuk memanipulasi database.

Mengapa Kita Membutuhkan Sebuah Database?

Kita membutuhkan database dalam sebuah aplikasi, karena aplikasi yang kita bangun membutuhkan wadah untuk menyimpan data-data. Supaya aplikasi tersebut menjadi statis, yang dimaksud dengan wadah disini adalah database.

Analogi sederhananya seperti ini.

Saya mempunyai sebuah lemari, lemari tersebut saya gunakan untuk menyimpan pakaian seperti, kaos, baju, celana, dasi dan lainnya. Saya mengambil pakaian yang ada dilemari itu bisa kapan saja untuk digunakan atau di buang dari dalam lemari.

Jadi kesimpulan dari analogi tersebut adalah lemari yang saya maksud itu ialah sebuah database yang dapat menyimpan data-data.

Mengapa Kita Harus BelajarMySQL?

MySQL saat ini sudah menjadi kebutuhan para programmer khususnya yang menekuni dibidang web development. Pastinya akan sangat butuh mysql untuk menyimpan sebuah data, contohnya seperti, data user, data admin, data artikel dan lainnya.

CMS yang sudah terkenal dan tidak asing ditelingan para blogger juga menggunakan MySQL sebagai databasenya, diantaranya adalah :

  • WordPress
  • Phpbb
  • Magento
  • Joomla dan lainnya.

Adapun beberapa faktor yang menjadikan MySQL menjadi DBMS (Database Management System) terpopuler, diantaranya yaitu.

  1. MySQL bersifat Open Source. Kita tidak perlu membayar untuk menggunakannya.
  2. MySQL menggunakan bahasa SQL.
  3. MySQL dapat meng-handle data yang besar secara powerfull
  4. MySQL mampu bekerja di operasi sistem lain seperti, Windows dan Linux
  5. MySQL mendukung database yang berukuran besar.
  6. MySQL dapat digunakan dibeberapa bahasa pemrograman seperti, PHP, C++, Java dan pemrograman lainnya.
  7. MySQL bebas dikembangkan karena bersifat open source.

Kelebihan lainnya akan dirasakan oleh teman – teman, jika sudah mengenalnya lebih dalam.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Pengertian MySQL. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *