Blog

5 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Kehilangkan Data

Android Terkunci

Android dibekali dengan fitur keamanan password, pola ataupun PIN pada saat terkunci.

Untuk menjaga privasi, pasti Kamu pernah menggunakan password, pola atau PIN untuk mengunci smartphone Android Kamu.

Tapi apa yang terjadi jika sewaktu-waktu Kamu lupa dan kesulitan untuk membukanya.

Tenang saja, bahkan tanpa perlu menghilangkan data dan factory reset Irvan punya 5 cara membuka HP Android yang terkunci.

Baca: Cara Nonaktifkan Tanda Centang Biru Whatsapp Agar Tidak Ketahuan


Cara Membuka HP Android Terkunci (Lupa Pola dan PIN)

HP Android yang terkunci akibat lupa pola ataupun PIN bisa disebabkan oleh beberapa hal, misal HP sudah lama tidak dipakai, atau sengaja diubah oleh orang lain.

HP Android yang terkunci akibat lupa pola ataupun PIN bisa disebabkan oleh beberapa hal, misal HP sudah lama tidak dipakai, atau sengaja diubah oleh orang lain.

Untuk mengatasi masalah yang umum ditemui para pengguna Android, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya dibawah ini!


1. Pakai Fitur Forgot Pattern

Pertama kali Kamu bisa menggunakan fitur Forgot Password/PIN/Pattern yang dapat kamu akses setelah beberapa kali salah memasukan verifikasi keamanan saat membuka lockscreen.

Di sini Kamu hanya membutuhkan HP Android yang terhubung internet dan akun Gmail yang terdaftar.

  • Kamu bisa mengakses menu Forgot Pattern setelah beberapa kali kesalahan saat membuka kunci HP Android.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta melakukan Sign in pada akun Gmail yang terdaftar pada smartphone Android, jangan sampai lupa dengan username beserta password yang digunakan.
  • Kamu akan diberi opsi untuk pergantian Password, Pola atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti Kamu akan dibawa ke tampilan halaman muka utama.
  • Kamu bisa menggunakan password, pola atau PIN baru selanjutnya, Kamu juga bisa menonaktifkan fitur keamanan ini pada menu Pengaturan smartphone.

Baca: Cara Verifikasi Akun Instagram Untuk Mendapatkan Centang Biru


2. Android Device Manager

Langkah selanjutnya kamu bisa mengakses Android Device Manager melalui laptop atau komputer kamu, guys. Dengan mengikuti langkah ini, bahkan kamu nggak perlu menghapus data-data penting pada memori internal loh.

  • Di bagian awal, kamu bisa mengakses website Android Device Manager pada aplikasi browser di komputer atau laptop kamu. Jangan lupa untuk login akun Gmail yang terdaftar ya.
  • Kamu bakal dihadapkan pada 3 opsi, Ring, Lock dan Erase. Pilih menu Lock dan kamu akan dibawa ke halaman pengubahan password. Ubah ke password baru yang bakal digunakan pada HP Android kamu.
  • Setelah selesai, HP Android kamu akan tetap terkunci, namun dengan password yang baru kamu buat pada website Android Device Manager tadi.

3. Buat Lockscreen Crash

Buat Kamu yang masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi 5.0 hingga 5.1.1 alias Lollipop, Kamu bisa memanfaatkan bug berupa celah keamanan dengan membuat lockscreen crash nih.

  • Jika password, pola atau PIN nggak bekerja, kamu bisa mengakses menu Emergency Call. Selanjutnya kamu tinggal ketikkan tanda * pada dialer hingga karakter penuh dan tidak bisa ditambahkan lagi.
  • Berikutnya Kamu tinggal copy terlebih dulu karakter tadi. Buka akses kamera pada lockscreen dan tarik notification bar untuk membuka pengaturan.
  • Kamu bakal tetap diminta untuk memasukan password. Namun, di sini Kamu tinggal paste karakter tadi untuk menyebabkan lockscreen crash dan bisa mengakses tampilan utama Android. Jika belum berhasil, ulangi langkah ini.

Baca: Keunggulan OS Android


4. Masuk ke Dalam Safe Mode Android

Jika masalah penguncian smartphone Android berasal dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode untuk menonaktifkannya.

Cara bisa berbeda-beda, namun yang paling umum seperti ini:

  • Kamu bisa melakukan langkah mematikan HP Android dengan menekan tombol Power beberapa saat. Selanjutnya akan muncul pilihan Restart dan Power off.
  • Di sini kamu tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses.
  • HP Android akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode. Di sini kamu bisa men-uninstall aplikasi lockscreen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

5. Buka Pengaturan Menghapus Pola di ADB

Membuka HP Android yang terkunci karena lupa password dengan cara yang satu ini hanya dapat digunakan buat kamu yang sebelumnya sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer yang sebelumnya sudah dihubungkan dengan smartphone lewat ADB.

  • Persiapkan smartphone Android dan kabel data yang siap dihubungkan ke komputer kamu. Jangan lupa masukan ke dalam direktori instalasi ADB.
  • Selanjutnya kamu bisa memasukkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key . Lalu tekan Enter.
  • Reboot smartphone Android dan lockscreen kamu akan hilang. Lakukan segera penggantian password, karena proses ini hanya berlaku sementara saja.

Kamu bisa menggunakan langkah-langkah di atas mulai dari yang paling mudah hingga sulit, tergantung dengan merek smartphone yang kamu gunakan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *