5 Manfaat Update Artikel Website / Blog

Ditulis oleh Irvan Nurfazri

Pagi tadi, saya kembali membuka beberapa postingan lama, menyadari banyak sekali kesalahan di dalamnya, mulai dari judul yang tidak mengandung Keyword utama, penempatan kata kunci yang berantakan hingga banyaknya ejaan yang salah.

Ya, postingan tersebut memang berusia sudah cukup lama, sekitar 8 bulanan atau saat-saat pertama kali saya mulai blogging. Sebagai seorang pemula, tentunya masih belum mengerti bagaimana cara penulisan artikel yang baik, enak di baca serta pengaturan SEO didalamnya.

Saat itu, yang terpenting hanya mengupayakan bagaimana supaya tetap rutin publish artikel baru setiap hari, tanpa mempedulikan segi kualitas dan melibatkan dengan kenyamanan pembaca, yang diprioritaskan hanya Kuantitas semata.

Namun seiring waktu berjalan, pemahaman seputar dunia blogging tentunya semakin tumbuh dan berkembang, banyak ilmu dan wawasan baru yang belum teraplikasikan di postingan-postingan lama, sehingga perlu diterapkan sesegera mungkin

Baca: Cara Membuat Artikel Berkualitas & SEO Friendly


Apakah Blogger Harus Update Konten Lama di Blognya ?

Sejatinya tidak, namun Saya percaya bahwa setiap pembaharuan itu penting, tidak terkecuali bagi artikel blog. Memperdalam dan memperluas topik pada sebuah artikel akan menambah daya dobrak saat bersaing di Search Engine.

Sementara itu, pengalaman pembaca pasti bertambah karena selalu disuguhkan dengan ulasan yang lengkap, deskriptif dan informatif. Dengan begitu, Brand Awareness akan mulai tumbuh dalam hati mereka.

Manfaat Memperbarui Artikel Lama di Blog

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menjabarkan beberapa manfaat memperbarui postingan lama di blog. Silakan simak ulasan ini sampai selesai, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan yang nantinya akan semakin meyakinkan anda yang masih ragu.

1. Merubah Judul Postingan

Keyword Strategy Advice - #IRVANGEN
Keyword Strategy Advice – #IRVANGEN

Anggap saja saat ini anda telah menjadikan blog sebagai Moneysite. Dengan begitu, anda pasti membutuhkan banyak pembaca terutama dari Mesin Pencari. Salah satu upaya paling penting adalah memaksimalkan judul artikel.

Pada kasus ini, artikel lama yang saya buka tersebut ternyata kurang relevan dengan isi konten, kurang menarik, tidak SEO Friendly dan tidak memiliki daya tarik. Sehingga, berimbas pada SEO artikel serta “ketertarikan klik” yang amat minim.

Akhirnya, saya mengubah judul artikel itu dengan menempatkan Keyword utama didalamnya, membumbui sedikit “daya tarik” dan juga menyelaraskan dengan isi artikel secara mayoritas.

Alhasil, seminggu setelah itu, artikel yang lama tenggelam perlahan bangkit dan mulai mendapatkan pembaca sedikit demi sedikit. Di sini kita juga bisa memetik poin penting bahwa, judul artikel sangat berpengaruh terhadap peringkatnya, serta mengundang pembaca yang lebih banyak.

Baca: Cara Membuat Judul Konten Menarik


2. Memperbaiki Kesalahan Eja dan Keterbacaan Tulisan

Mistakes correction - #IRVANGEN
Mistakes correction – #IRVANGEN

Semakin lama seseorang bergelut dalam suatu kebiasaan, semakin luas pula wawasannya mengenai hal tersebut. Sejauh ini, Blogging menganut sistem ilmu yang berkelanjutan, terutama dalam dunia literasi.

Jika anda rutin dan konsisten menerbitkan artikel, maka kemampuan menulis dan membaca anda akan terus meningkat. Sejak saat itu anda akan mulai menyadari betapa pentingnya keterbacaan, dan kepuasan para pengunjung saat membaca artikel anda.

Dengan memperbaiki kata demi kata yang salah eja, serta meningkatkan Readability tulisan, maka kualitas artikel akan semakin joss dan saya yakini punya berpengaruh terhadap peringkatnya di Search Engine.

Baca: Bagaimana membuat konten yang baik dalam sisi SEO


3. Memperbarui Internal Link

5 Manfaat Update Artikel Website / Blog 1

Anda pasti tidak ingin para pengunjung langsung pergi setelah hanya membaca satu artikel saja, karena bisa dipastikan bahwa mereka tidak ingin menggali lebih dalam mengenai apa yang ada dalam blog tersebut.

Di sisi lain, hal semacam ini akan menjadi rekaman Google tentang eksistensi blog anda, lalu setelah itu mereka akan mempertimbangkan keberadaannya, apakah masih layak atau tidak untuk ditempatkan di posisi saat ini pada mesin pencari mereka.

Bila hal ini terjadi kemungkinan peringkat artikel dan blog anda akan menurun, dan menimbulkan kerugian banyak hal bagi anda. Untuk itu, pengoptimalan internal link sangat perlu untuk diperhatikan.

Pasalnya, internal link dalam sebuah artikel akan menjadi jembatan penghubung antara satu dengan yang lain. Dengan catatan, jembatan tersebut menyambungkan tiap artikel yang saling berhubungan atau relevan.

Salah satu keuntungan mengedit artikel lama adalah Anda bisa menambahkan link-link terkait dari artikel baru yang topiknya sama.

Misalnya, dulu Anda menerbitkan artikel yang berjudul “Cara menghilangkan jerawat secara alami” Kemudian Minggu lalu anda telah mempublikasikan ulasan tentang Penyebab Jerawat.

Nah, dua artikel tersebut memiliki hubungan dan layak untuk ditautkan. Sehingga, pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap, dan menciptakan kebetahan untuk menghabiskan waktu berlama-lama di blog anda.

Dalam artikel mengenai Panduan Mesin Telusur yang diterbitkan langsung oleh Google, mereka menegaskan bahwa Internal Link sangat penting, guna mempermudah mereka dalam menavigasi website / blog anda, yang akhirnya berpengaruh terhadap status dan peringkat.

Baca: Tips Optimasi SEO On-page Terbaru 2019


4. Mengganti / Menambah Gambar dalam Artikel

5 Manfaat Update Artikel Website / Blog 2

Manfaat memperbarui artikel lama yang selanjutnya adalah mengganti atau menambahkan gambar di artikel tersebut. Kita menyadari bahwa saat ini wabah Copyright cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, sekarang banyak para developer yang tidak terima jika gambar hasil buatannya dicuri untuk kepentingan komersial orang lain, sehingga dia menggunakan hak ciptanya untuk menuntut.

Bila hal tersebut terjadi, kemungkinan artikel tersebut atau bahkan blog anda akan terancam, dan fatalnya bisa dihapus oleh Google. Untuk itu, jangan anggap sepele perihal gambar dalam artikel.

Sekarang, waktunya untuk menggantinya dengan hak cipta sendiri. Banyak Tools / Aplikasi yang bida anda manfaatkan secara gratis ataupun berbayar agar mendapatkan Copyright sendiri, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi mengenai pelanggan hak cipta.


5. Menambah Bobot Artikel

5 Manfaat Update Artikel Website / Blog 3

Terakhir sekaligus poin terpenting adalah meningkatkan kualitas artikel dengan menambah kandungan isi dan informasi didalamnya. Sebenarnya, inilah alasan paling utama seorang Blogger memperbarui artikelnya yang lama.

Google suka dengan segala bentuk pembaharuan, karena mereka juga memperlakukan mesin pencari untuk menyegarkan peringkat secara berkala, dengan mengambil tolok ukur terhadap artikel mana yang layak diposisikan di tempat paling potensial.

Dengan meningkatkan bobot artikel lama dan memberitahu robot dengan men-inspeksi ulang, maka Google akan mempertimbangkan kembali atas usaha yang anda lakukan. Maka kemungkinan besar posisinya akan di “UP” menuju jajaran teratas.

Baca juga : 3 Faktor SEO 2019

Selain berpengaruh terhadap posisi, artikel yang lengkap tentunya lebih diminati oleh pembaca. Informasi komplit yang mereka dapat akan menimbulkan rasa butuh untuk terus terhubung dengan blog anda kedepannya.


Kesimpulan

Nah, dari uraian singkat di atas, setidaknya anda sudah memahami apa-apa saja yang bisa dilakukan ketika memperbarui artikel lama, serta manfaat yang bisa didapatkan setelahnya.

Sekarang, anda tidak perlu ragu lagi bila seandainya selama ini menganggap kalau artikel lama tidak baik untuk diperbaharui, bahkan disarankan oleh banyak Blogger-Blogger senior diluar sana.

Selama postingan tua diberi nilai tambah dengan informasi yang mendukung, posisi artikel yang sebelumnya sudah ‘ranking’ tidak akan mengalami penurunan, justu berpeluang mendapatkan posisi yang lebih strategis mendatangkan visitor.

Meskipun statusnya adalah postingan lama, jangan pernah anggap sepele, karena artikel tua dengan ulasan yang lengkap, punya potensi lebih untuk bisa nangkring di Halaman satu, dibandingkan artikel baru.


Akhir Kata

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai Manfaat Memperbarui Artikel Lama di Blog, serta pentingnya penambahan nilai guna sebuah artikel. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Artikel ini ditulis oleh Wiki Pebrinto (www.rapikan.com)

Tentang Penulis

Irvan Nurfazri

No one can bring you true happiness except Allah

Instagram : ig.com/irvan_gen

1 Komentar

Tinggalkan Komentar