Penjelasan Apa itu Ping Serta Fungsinya


Penjelasan Apa itu Ping Serta Fungsinya 1

IRVAN GEN – Koneksi internet memiliki kecepatan yang berbeda – beda, itu semua tergantung dari kualitas dan koneksi yang dipakai.

Untuk mengecek kecepatan internet biasanya kita memakai sebuah aplikasi seperti, Internet Speed Test, Speedtest.net, Internet Speed Meter Lite dan lainnya. Pada artikel ini Saya akan membahas Apa itu Ping dan apa Fungsi dari Ping.

Penjelasan singkat

Ping adalah parameter koneksi yang sekarang sering ditemui, contohnya ketika Kamu sedang membuka aplikasi tertentu seperti sedang bermain game online di handphone. Kita akan melihat kondisi sinyal melalui ping yang ada dilayar handphone pada saat bermain game.

Ping ini bisa juga dibilang memiliki fungsi yang sangat penting, apalagi untuk Kamu yang sering streaming atau bermain game online.

Artikel Komputer Lainnya

Apa itu Ping ?

Ping singkatan dari Packet Internet Gropher, secara garis besar merupakan sebuah perintah untuk mengecek respon antara klien dan server yang dituju. Biasanya, ping dipakai untuk mengetahui status.

Cara kerjanya sendiri sebenernya sangat simpel, yaitu perangkat klien akan mengirimkan sebuah paket kemudian server yang dituju akan mengirim balik respon menuju ke perangkat klien tadi. Agar Kamu tidak bingung Saya kasih gambaran sederhananya.

Apa itu Ping

Bisa Kamu lihat, dari Host A akan mengirim request dan Server akan mengirimkan hasilnya, nah seperti itulah cara bekerjanya ping. Oke mengerti?

Cara Mengirim Ping

Untuk mengirim ping dengan mudah kita bisa memakai software, yang paling sering digunakan biasanya orang – orang menggunakan Command Prompt atau nama lainnya CMD, itu untuk pengguna Windows, jika pengguna Linux yaitu Terminal Emulator.

Untuk melakukan ping bagi pengguna sistem operasi Windows, cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara berikut dibawah ini.

  • Klik Start lalu ketik cmd.
  • Klik kanan pilih Run as Administrator.
  • Selanjutnya Kamu ketik perintah untuk melakukan ping. Sebagai contoh ping google.com nah maka hasilnya akan muncul dilayar cmd.
Keterangan :

Reply : Balasan dari server
Byte   : Jumlah data yang dikirim
Time  : Hasil respon antara klien dan server yang dituju.
TTL   : Time to Live, berfungsi untuk melihat berapa lama IP aktif.

Fungsi Ping dan Manfaat dari Ping

Fungsi ping sudah Saya bahas sebelumnya, yaitu untuk mengecek koneksi internet apakah normal atau tidak. Selain itu ada 3 fungsi ping yang biasa dipakai oleh orang – orang. Contohnya :

Mengecek respon status koneksi

Kita bisa mengetahui seberapa besar waktu dari koneksi yang dipakai, biasanya ini dipakai oleh pengguna untuk kegiatan streaming atau bermain game, saat ada masalah koneksi atau sedang terjadi lag.

Mengecek status website

Kita bisa mengetahui apakah website yang ingin kita kunjungi normal atau tidak. Misalnya, Kamu ingin mengunjungi sebuah website, namun website tersebut tidak bisa diakses atau tidak bisa dibuka. Melalui ping kita bisa mengeceknya.

Mengecek kualitas jaringan

Ditulis dalam satuan Milisecond (MS) Ping semakin kecil maka nilainya akan semakin bagus untuk responnya, melalui ping ini kita bisa mengetahui kualitas jaringan yang kita pakai.

Demikian isi dari artikel ini kurang lebihnya Saya ucapkan Mohon Maaf, semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

Tag : Apa itu Ping, Ping Komputer, Cara cek status internet, Cara cek ping, Cara mengetahui kecepatan internet, Ping adalah.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *