Belajar jQuery Part 2 : Mengenal Dasar jQuery


Belajar JQuery
Belajar JQuery

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-2 di sesi belajar jQuery. Sebelumnya kita pernah membahas Pengertian dan cara menggunakan jQuery. Pada pertemuan yang ke-2 saya akan mengulas tentang Mengenal Dasar jQuery.

Sebelum ke topik utama ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu Selector dan Event. Agar nanti tidak keliru saat proses belajar jQuery, untuk penjelasan mengenai selector dan event akan dijelaskan dibawah ini. Jadi simaklah dengan baik agar mudah kita pahami.

Pengertian Event jQuery

Event merupakan sebuah method atau aksi yang dilakukan oleh jQuery, contohnya seperti, menampilkan element, menambahkan element, menyembunyikan element, mengambil data pada atribut element dan lainnya. Event ditetapkan setelah menetapkan selector yang ingin diberikan method oleh jQuery.

Pengertian Selector jQuery

Selector bisa katakan sebagai pemilih, maksudnya pemilihan terhadap element HTML yang akan diberikan method event oleh jQuery.

Selector pada HTML ada yang namanya class dan id. Dimana class ini dipanggil dengan cara memberikan tanda titik (.) dan id dipanggil dengan menggunakan tanda pagar (#).

Contoh Selector dan Event jQuery

Disini saya akan coba membuat contoh sederhana tentang penggunaan dasar jQuery, yang harus teman – teman lakukan adalah, sediakan file html atau php. Saya akan coba membuatnya dengan HTML dan CSS, dan akan diberi nama index.html dan style.css.

Kemudian sediakan library jQuery, jika kamu belum memahami cara menghubungkan jQuery dengan HTML atau PHP, bisa baca pada tutorial Pengenalan dan Pengertian Serta Cara Menggunakannya.

Oke supaya tidak melebar, mari kita mulai membuat file index.html

Diatas itu adalah kode program index.html kemudian dibawah ini style.css

Hasilnya..

Mengenal Dasar jQuery
Mengenal Dasar jQuery

Perhatikan kode index.html diatas, saya sudah membuat sebuah element yang diberi tanda class dengan nama “box” dan membuat sebuah tombol dengan tanda id “klik

Tapi yang paling penting perhatikan pada contoh jQuery diatas

Syntax

digunakan untuk memberitahu bahwa jQuery akan dijalankan saat halaman telah siap di load penuh 100%. Artinya, jika halaman sudah benar – benar siap maka aksi jQuery akan dijalankan. Dan kode dibawah ini

Syntax diatas memerintahkan untuk memberikan event atau aksi kepada element yang ber-id klik. Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas tentang Selector dan Event jQuery. Selector disini adalah id klik yang dipanggil dengan “#klik” dan class yang dipanggil sebagai “.box” nah untuk toogle() adalah sebuah efek jQuery untuk menampilkan atau menyembunyikan element yang sudah ditentukan.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Mengenal Dasar jQuery. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *