Belajar jQuery Part 9 : Manipulasi Class


Belajar JQuery
Belajar JQuery

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-9 di sesi belajar jQuery. Sebelumnya kita pernah membahas Tutorial Menghapus Element dengan jQuery. Pada pertemuan yang ke-9 saya akan mengulas tentang Cara Menambah dan Menghapus Class dengan jQuery.

Manipulasi Class dapat kita gunakan untuk menambah atau menghapus class tertentu dari sebuah element dengan jQuery, misalkan saya ingin menambahkan class ke dalam element tanpa mengubah syntax HTMLnya, maka solusinya adalah menggunakan fungsi jQuery ini, nama fungsinya addClass(). Atau menghapus class dengan fungsi removeClass().

Mari kita mengenal fungsi addClass() dan removeClass lebih jauh.

addClass() adalah sebuah fungsi yang disediakan oleh jQuery. Fungsi ini mempermudah kita dalam hal memanipulasi khususnya untuk menambahkan class html pada element.

removeClass() adalah sebuah fungsi jQuery untuk mempermudah kita dalam mengahapus class yang diinginkan dari element tertentu.

Pada sesi kali ini kita akan membuat sebuah contoh ketetapan dalam sebuah class, class tersebut akan kita beri dengan nama merah. Kita akan membuat 2 tombol yang berisi fungsi addClass() dan removeClass(). Oke langsung saja kita praktikkan, seperti biasa siapkan text editor teman – teman.

index.html

style.css

Hasilnya..

Menambahkan Class dengan Fungsi addClass() jQuery - #IRVANGEN
Menambahkan Class dengan Fungsi addClass() jQuery – #IRVANGEN
Menghapus Class dengan Fungsi removeClass() jQuery - #IRVANGEN
Menghapus Class dengan Fungsi removeClass() jQuery – #IRVANGEN

Class biru sudah kita setting dengan css untuk membuat kotak biru, sehingga jika tombol “Tambahkan class” diklik maka class biru akan ditambahkan ke class lingkaran.

Sebaliknya, jika tombol “Hapus class” diklik maka class biru pada lingkaran akan dihapus.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Cara Menambah dan Menghapus Class Dengan jQuery. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *