Belajar JavaScript Part 10 : Switch Case


Belajar JavaScript Part 10 : Switch Case 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-sepuluh ini, masih di sesi belajar JavaScript. Sebelumnya kita pernah belajar Pengertian dan Cara Menampilkan Tanggal Pada JavaScript. Pada pertemuan yang ke-sepuluh saya akan mengulas tentang Switch Cas Pada JavaScript.

Diantara teman – teman apakah ada yang sudah tau apa itu switch case? Switch Case adalah suatu fungsi yang berguna untuk membuat pengecekan sebuah nilai, nilai yang tersedia untuk di cek bisa lebih dari satu atau banyak.

Switch Case Pada JavaScript.

Pada tutorial kali ini, cara pengunaan switch case di javascript kita akan membuat pengecekan sebuah variabel warna yang berisi hijau. Teman – teman bisa lihat langsung contoh kode program di bawah ini.

Bisa dipahami kembali kode program diatas, bahwa kita telah membuat variabel warna dengan isi hijau.

Setelah itu variabel warna akan mengecek isi dari variabel warna.

Ketika warna melakukan pengecekan dan data case sudah ditemukan, maka proses pengecekan akan di hentikan. Mengapa demikian? Ini terjadi karna variabel warna meminta data case hijau, nah bisa teman – teman lihat data case hijau terdapat di case ke-2. Maka isi variabel akan di tampilkan pada kode program di bawah ini.

Jadi kalau dijalankan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Switch Case Pada JavaScript
Switch Case Pada JavaScript

Dari kode program diatas, ada bagian default yang fungsinya jika pengecekan tidak ditemukan, maka default yang akan digunakan. Contoh, variabel warna mengecek data case ungu setelah di cek namun tidak di temukan, nah disinilah default digunakan.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Switch Case Pada JavaScript. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Income Search

  • fungsi switch pada javascript
  • contoh switch case di javascript
  • apa itu switch case javascript
  • penggunaan switch case di javascript
  • contoh kode program switch case pada javascript
  • pengertian switch case javascript
  • cara membuat switch case

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *