Belajar JavaScript Part 12 : Memahami String dan Fungsinya


Belajar JavaScript Part 12 : Memahami String dan Fungsinya 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-12 ini, masih di sesi belajar JavaScript. Sebelumnya kita pernah belajar Perulangan For Pada JavaScript. Pada pertemuan yang ke-12 saya akan mengulas tentang String Pada JavaScript.

meskipun kita sudah belajar memahami tipe data pada javascript namun kali ini kita fokus belajar tipe data string. Nah di sesi ini akan Irvan ulas untuk memperluas ruang lingkup mengenai String di JavaScript. Untuk mempersingkat waktu, mari kita lanjut ke topik utama.

Belajar String di JavaScript.

Seperti apa yang sudah kita pelajari pada sebelumnya, bahwa string adalah tipe data yang tersusun dari kata atau huruf, atau bisa juga disebut kalimat.

Untuk mengenalnya lebih jauh kita akan membuat sebuah variabel baru, dimana variabel ini terdapat tipe data string. Seperti contoh dibawah ini.

Contoh diatas adalah salah satu contoh variabel yang memiliki tipe data string, disana terdapat dua variabel, yang pertama, menggunakan tanda petik dua () yang ke-dua dengan tanda petik satu (), ke-duanya bisa digunakan sesuai dengan selera teman – teman.

Saya rasa teman – teman sudah mengerti ya.? Kita lanjut lagi.

Cara Penggunaan Tanda Petik di dalam String.

Adapun cara menggunakan tanda petik di dalam tipe data string, lalu bagaimana cara penulisannya?

Cara penulisannya yaitu, dengan membagi tanda petik. Jika String di bungkus oleh tanda petik dua maka tanda petik yang digunakan di dalam string adalah tanda petik satu, begitupun sebaliknya. Jika bingung dibawah ini saya membuat contohnya.

Sekarang kita jalankan kode program dibawah ini.

Hasilnya…

Cara Penggunaan String di JavaScript
Cara Penggunaan String di JavaScript

Bagaimana mudah bukan?

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang String Pada JavaScript. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Income Search

  • cara membuat string di javascript
  • fungsi string pada di javascript
  • mengenal string di javascript
  • contoh penggunaan string di javascript
  • memahami fungsi dari string
  • apa itu string pada javascript
  • cara membuat string nama

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *