Belajar JavaScript Part 2 : Cara Menampilkan Pesan Error Pada JavaScript


Belajar JavaScript Part 2 : Cara Menampilkan Pesan Error Pada JavaScript 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-dua ini, masih dalam topik belajar JavaScript. Pada kesempatan kali ini Irvan akan menulis tentang Cara Menampilkan Pesan Kesalahan Kode Program JavaScript.

Sebelumnya kita sudah mempelajari Cara Menjalankan Kode Program Java Script

Kemudahan menjalankan JavaScript hanya dengan web browser, memberikan masalah sendiri bagi seorang programmer. Biasanya dalam membuat sebuah program, adakalanya kita melakukan kesalahan baik dalam penulisan kode atau lupa menambahkan kode “;” sebagai penutup baris.

Biasanya pesan error akan langsung muncul, dan kita sendiri yang harus koreksi dimana letak kesalahannya. Tetapi, pesan error untuk javascript tidak akan langsung muncul pada web browser. Web browser pada dasarnya hanya menampilkan halaman web, dan secara default web browser akan menyembunyikannya.

Hal ini berguna untuk pengguna awam seperti saya, pasti akan bingung melihat pesan kesalahan dari sebuah halaman web.

Beberapa tahun lalu, untuk segala keperluan debugging kita harus menggunakan plugin tambahan untuk di install pada web browser, namun sekarang web browser sudah memiliki tools sendiri, sehingga tidak perlu lagi plugin tambahan untuk melakukan kegiatan debug, terutama untuk seorang programmer JavaScript.

Developer Tools Pada Google Chrome

Jika teman – teman menggunakan web browser google chrome, disini terdapat fitur Developer Tools dan JavaScript Console, sesuai dengan namanya. Developer Tools khusus dirancang untuk pengembangan web, dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat menampilkan pesan error JavaScript, CSS dan HTML serta melihatnya secara real time.

Untuk bisa akses fitur ini, teman – teman klik tombol setting (tiga titik) dibagian pojok kanan atas, kemudian cari menu Tools atau More Tools, nanti akan ada fitur Developer Mode

Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript
Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript

teman – teman juga bisa menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan ctrl+shift+i untuk menampilkan Developer Tools.

Saat menu developer tools di buka, akan ada beberapa tab yang di sediakan untuk keperluan debugging, namun untuk kali ini kita hanya fokus ke tab console. Karna pada tab inilah pesan error JavaScript akan di tampilkan.

Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript
Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript

Untuk mengujinya silahkan teman – teman edit kode program JavaScript yang sebelumnya pernah dibuat, lalu hapus beberapa kode kemudian save kembali. Dan jalankan, kamu akan melihat langsung pesan kesalahan di tab console dari kode JavaScript serta menampilkan baris dimana letak kesalahannya.

Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript
Cara Menampilkan Pesan Error JavaScript

Nah gambar diatas adalah contoh kesalahan yang ditampilkan pada fitur developer tools dalam tab console, terlihat jelas baris error tersebut menunjukan pada baris ke 21.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Cara Menampilkan Pesan Error Pada JavaScript. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *