Belajar JavaScript Part 1 : Menjalankan Kode Program JavaScript


Belajar JavaScript Part 1 : Menjalankan Kode Program JavaScript 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang pertama ini, masih dalam topik belajar JavaScript. Pada kesempatan kali ini Irvan akan menulis tentang Cara Menjalankan Kode Program JavaScript.

Sebelumnya kita sudah membahas Tutorial Dasar Java Script Untuk Pemula

Aplikasi Yang di Butuhkan Untuk Menjalankan JavaScript.

Adapun beberapa aplikasi untuk menjalankan javascript serta penulisan kode program agar lebih terlihat jelas syntax nya.
Untuk aplikasi yang dapat digunakan, teman – teman bisa menggunakan text editor seperti, Notepad ++, Sublime text, dan lainnya. Saya sendiri lebih suka menggunakan text editor Sublime Text, karena lebih ringan.

Untuk web browser, teman – teman juga dapat memilih web browser favorite, terdapat beberapa web browser yang populer dan pastinya gratis untuk di install. Saya sendiri menggunakan Google Chrome, karena sangat ringan untuk dijalankan.

Cara Mudah Menjalankan JavaScript

Jika ke-dua aplikasi sudah dimiliki, ini saatnya kamu coba untuk jalankan program JavaScript yang perdana. Cara penulisan JavaScript sama seperti bahasa program pada umumnya seperti PHP dan CSS, yakni dengan cara menyisipkan kode di dalam HTML.

Untuk percobaan, silahkan teman – teman copy kode program dibawah ini dan paste di text editor, “Sublime text, notepad++, dll”

Setelah itu simpan file tersebut dan beri nama dengan nama belajar_javascript.html terserah kamu mau simpan di lokasi mana, karena kita tidak perlu menyimpannya dalam folder web server seperti PHP

Perhatikan bahwa file dari contoh tersebut berakhiran .html karna pada dasarnya kode tersebut adalah kode HTML yang telah disisipkan dengan JavaScript.

Untuk menjalankannya, cukup klik 2x pada file yang sudah kita simpan, maka akan tampil seperti dibawah ini.

Balajar JavaScript : Cara Menjalankan JavaScript
Balajar JavaScript : Cara Menjalankan JavaScript

Untuk menguji kode tersebut work apa tidak, teman – teman klik tombol “Semangat..!!” maka akan bekerja untuk membuat kalimat baru di bagian bawah.

Fitur inilah yang membuat JavaScript memiliki kelebihan dari bahasa pemrograman lainnya, dimana kita dapat merubah atau menambah apapun di dalam web, bahkan hanya dengan satu klik tombol, kita dapat merubah seluruh isi halaman web tanpa harus berpindah ke halaman lain.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai Cara Menjalankan JavaScript, jika ada yang tidak di mengerti atau kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar. semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih

Income Search

  • contoh web menggunakan javascript
  • belajar javascript lengkap
  • cara membuat javascript di html
  • what’s javascript
  • cara menjalankan javascript
  • aplikasi untuk javascript

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *