Belajar JavaScript : Tutorial Dasar Untuk Pemula


Belajar JavaScript : Tutorial Dasar Untuk Pemula 1

IRVAN GEN – Selamat Datang. Sesi tutorial ini kita akan belajar tentang JavaScript. Tutorial yang pertama ini, saya tulis untuk teman – teman yang ingin belajar JavaScript dari awal.

JavaScript merupakan salah satu bahasa web pemrograman yang perkembangannya sangat pesat untuk saat ini.
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaksi atau menambahkan fitur web dinamis kedalam sebuah web.

Untuk membuat sebuah halaman web, teman – teman tidak di haruskan menggunakan JavaScript, tapi JavaScript hampir hadir di semua halaman web modern. Sehingga JavaScript adalah salah satu pemrograman yang wajib kamu kuasai.

Introduction

JavaScript merupakan bagian dari 3 teknologi yang harus dikuasai programmer web, yaitu CSS untuk tampilan, HTML untuk konten, isi dari website dan JavaScript untuk interaksi atau behavior.

Hampir seluruh website menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk membuat berbagai aplikasi yang dapat berinteraksi dengan user, contohnya seperti fitur Chatting, Games, validasi form HTML dan lainnya.

Contoh sederhananya dalam penggunaaan JavaScript, dapat kamu lihat di halaman utama web ini, ada beberapa animasi pada halaman tersebut. Seperti ada form tulisanĀ Informasi dan Teknologi yang melayang keatas jika di scroll kebawah.

Contoh sederhana yang kedua adalah, jika kamu scroll ke bagian bawah, akan muncul tanda panah biru pada halaman website IRVAN GEN. Jika kamu klik itu maka akan kembali ke bagian atas, nah itulah contoh sederhana fungsi dari JavaScript.

Sebelum mempelajari JavaScript ke tahap berikutnya, sebaiknya teman – teman kuasai dasar – dasar HTML terlebih dahulu, pengetahuan CSS dan PHP juga akan sangat membantu, walaupun tidak di wajibkan. Jadi anggap saja di artikel ini adalah pengenalan dan persiapan sebelum memulai belajar JavaScript.

Karna pengenalan JavaScript sangat dianjurkan untuk teman – teman yang ingin belajar dari awal. Jadi setelah ini saya akan menulis dari part pertama sampai part terakhir untuk belajar pemrograman JavaScript

Oke sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. Semoga nanti yang kita akan pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *