Belajar Pemrograman Java Part 2: Pengertian Variabel Java


Belajar Pemrograman Java Part 2: Pengertian Variabel Java 1

IRVAN GEN – Halo teman -teman salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-2 di sesi belajar Java. Sebelumnya kita pernah membahas Tutorial Dasar Java. Pada pertemuan yang ke-2 saya akan mengulas tentang Pengertian Variabel Pada Java.

Penggunaan variabel pada java sama seperti penggunaan pada pemrograman lainnya, seperti PHP, JavaScript, jQuery dan lainnya. Namun hanya penulisannya saja yang berbeda ditiap bahasa pemrograman.

Pengertian Variabel Java

Variabel merupakan tempat menyimpan data bahasa pemrograman, khususnya pemrograman java. Dalam memahami variabel tentu kita harus mengetahui tipe data, karena dalam penggunaan variabel selalu diawali dengan tipe data yang bakal digunakan.

x = 10y = 9z=x-y

Tentu kamu pernah mempelajari matematika seperti contoh diatas, yang ingin Irvan jelaskan disini adalah yang mana variabelnya. Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas tentang pengertian variabel, pada contoh ini variabelnya adalah X, Y, Z. Sedangkan 10,9(merupakan nilai dari variabel x dan y).

Dalam penulisan variabel java selalu diikuti oleh tipe data, untuk tipe datanya bisa digunakan char, int dan lainnya.

Contoh penulisan variabel diatas, bisa kita lihat bahwa dalam variabel dapat menambahkan langsung nilainya ataupun mengosongkan nilainya. Tapi pada variabel yang nilainya kosong kita dapat langsung menggunakan tanda titik koma (;).

Perhatikan contoh penulisan variabel pada bahasa pemrograman java dibawah ini.

Contoh diatas yang saya gunakan merupakan variabel bertipe data int, dan nama variabelnya x, y dan z. Hasilnya akan terlihat jika dijalankan.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Pengertian Variabel Pada Java. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Income Search

  • aturan penulisan variabel pada java sublime
  • makalah variabel java
  • pengertian variabel dalam java
  • pengertian variabel di java
  • pengertian variabel pada java
  • penggunaan variable di java

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *