in ,

Pengertian dan Pengenalan Dasar CSS

IRVAN GEN – Selamat datang. Salam jumpa kembali di pertemuan pertama dalam sesi belajar CSS. Pada pertemuan yang pertama saya akan mengulas tentang Pengertian Dasar CSS.

Apa itu CSS?

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. CSS memiliki sifat style sheet languange sesuai dengan namanya, artinya bahasa pemrograman yang digunakan dalam web desain.

CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk desain web, dalam desain halaman website, CSS menggunakan id dan class.

Seiring perkembangan zaman, kini dunia teknologi dan pemrograman berkembang sangat pesat, untuk saat ini CSS tidak hanya digunakan dalam pemrogaman HTML dan XHTML saja, tapi sudah bisa digunakan untuk mendesain aplikasi andoid.

Fungsi CSS

CSS memiliki fungsi yang banyak, CSS dapat mengubah font, warna font, ukuran font dan format font.

Mengatur layout, warna element, lebar dan tinggi, mengubah tampilan form, membuat halaman menjadi responsive dan masih banyak lagi.

Untuk desain font teman – teman dapat melakukan dengan cara mendefinisikan font, mengatur warna bisa menggunakan color dan margin digunakan untuk mengatur jarak pada luar element tertentu.

Mengatur gambar atau warna pada latar belakang bisa dilakukan dengan menggunakn background, mengatur jenis font bisa menggunakan font family, ukuran font menggunakan font size dan masih banyak lagi.

Cara Penggunaan CSS

File css dengan ektensi .css kamu import atau dihubungkan kedalam file HTML atau PHP yang akan di desain dengan menggunakan syntax berikut.

Tag link diatas digunkan untuk menghubungkan file HTML dengan file CSS. Syntax tersebut di letakkan pada file HTML.

Attribut rel dan type pada tag link diatas digunakan untuk mendefinisikan bahwa yang dipanggil untuk dihubungkan adalah file CSS.

Kemudian attribut href digunakan untuk meletakkan file css, contoh diatas file css terletak dalam satu folder.

Kalau file css terletak diluar folder, kamu bisa menghubungkannya dengan cara menambahkan /nama_folder/ dilanjut dengan style.css

Jika file css terletak dalam satu folder, katakan saja nama foldernya assets, maka untuk menghubungkannya.

Nah seperti itulah, bagaiman paham? Tutorial CSS lainnya akan kita bahas di pertemuan selanjutnya

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Pengertian dan Penjelasan Dasar CSS. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Income Search

  • Belajar Css
  • pengenalan css
  • belajar css dasar
  • belajar css tampilan dasar
  • belajar css html
  • assets tutorials website pegertian
  • cara belajar css
Legend

Ditulis oleh Irvan Nurfazri

Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya. Meskipun upaya tak berbuah sempurna.

Menulis apa yang saya suka, berbagi apa yang saya ketahui.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

comments