Pengertian Framework CodeIgniter dan Cara Menggunakannya


Pengertian Framework CodeIgniter dan Cara Menggunakannya 1

IRVAN GEN – Selamat datang di sesi pertama dalam belajar CodeIgniter. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian CodeIgniter dan bagaimana cara menggunakannya. Kamu tentu sudah tahu atau pernah mendengar tentang framework yang satu ini, CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP yang paling banyak digunakan oleh web development untuk membangun sebuah aplikasi berbasis website.

Pengertian CodeIgniter

#Framework

Framework adalah sebuah instruksi – instruksi yang dikumpulkan dalam class dan function – function dengan masing – masing fungsi untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menulis syntax yang sama secara berulang.

Hal ini memiliki keuntungan bagi developer karena tidak memakan banyak waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang agar terciptanya source code yang bersih dan terstruktur.

#CodeIgniter

CodeIgniter adalah framework PHP yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). CodeIgniter tidak berbayar sama sekali alias kamu bebas menggunakannya.

Framework CodeIgniter dibuat tujuannya untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal.

MVC adalah konsep atau teknik untuk memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu, model, view dan controller.

  • Model
    Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan manipulasi database. Misalnya mengimput data, mengambil data dan pengolahan database lainnya. Semua instruksi yang berhubungan dengan pengolahan database diletakkan didalam model.
  • View
    View merupakan bagian yang menangani halaman user interface. Tampilan dari user dikumpulkan pada view untuk memisahkan dengan model dan controller, sehingga memudahkan web desainer dalam mengembangkan tampilan halaman web.
  • Controller
    Controller adalah kumpulan instruksi aksi yang akan menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung. Intinya dari view selanjutnya controller yang mengolah instruksi.

Mengenai penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa controller sebagai pengubung view dan model, contoh sederhananya, pada aplikasi yang menampilkan data dengan menggunakan konsep MVC, disini controller memanggil instruksi pada model untuk mengambil data dari database, kemudian controller meneruskan pada view untuk ditampilkan.

Jelas dengan konsep MVC ini sangat mudah dan membantu dalam pengembangan web, karena web desainer atau front-end tidak perlu lagi berhubungan dengan controller, dia hanya berhubungan dengan view untuk mendesain tampilan aplikasi, karena back-end developer yang akan menangani bagian controller dan modelnya.

Kelebihan CodeIgniter

CodeIgniter mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Syntax yang terstruktur
  2. CodeIgniter menyediakan fasilitas helper dan library yang dapat membantu developer dalam membuat pagination, manipulasi url, session dan lainnya yang akan kita pelajari pada tutorial codeigniter selanjutnya.
  3. Kemudahan dalam menggunakannya.
  4. Keamanan yang sudah lumayan karena user atau pengakses aplikasi tidak berhubungan langsung dengan database.

Cara Menggunakan Framework CodeIgniter

Langkah awal untuk menggunakan CodeIgniter sangatlah mudah, yang pertama kamu harus download terlebih dahulu CodeIgniter pada situs resminya www.codeigniter.com kemudian ekstrak CodeIgniter pada projek teman – teman di localhost.

Pengertian Framework CodeIgniter dan Cara Menggunakannya 3

Saya mengekstraknya di folder htcdocs/irvan_gen maka tinggal jalan pada browser masing – masing dengan alamat localhost/irvan_gen

Silahkan jalankan.

Cara Menggunakan CodeIgniter - #IRVANGEN
Cara Menggunakan CodeIgniter – #IRVANGEN

Nah sampai disini kita telah berhasil menginstall CodeIgniter dan siap untuk digunakan. Tampilan diatas merupakan halaman default codeigniter saat pertama kali diinstall.

CodeIgniter menyediakan panduan cara penggunaanya pada folder CodeIgniter yang sudah kamu download tadi. Disana terdapat folder user_guide dan untuk mempelajari panduannya, kamu dapat langsung menjalankan pada browser localhost/nama_folder/user_guide, contohnya localhost/irvan_gen/user_guide/.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Pengertian CodeIgniter. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *