Belajar CodeIgniter Part 5: Cara Membuat Form Validation


1 share
Belajar CodeIgniter Part 5: Cara Membuat Form Validation 1

IRVAN GEN – Selamat datang. Salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-5 dalam sesi belajar CodeIgniter. Sebelumnya kita pernah membahas Cara Membuat Template Web Dengan CodeIgniter. Pada pertemuan yang ke-5 saya akan mengulas tentang Cara Membuat Form Validation.

Dalam pengimputan data terkadang kita memerlukan form validation, misalnya kita perlu mengisi form apa saja yang wajib di isi dengan format input tertentu. Seperti, membuat form email, konfirmasi password dan lainnya.

Nah untuk membuat form tersebut kita perlu memanggil atau membuka library form_validation pada CodeIgniter. Berikut saya jelaskan dibawah ini.

Cara Membuat Form Validation Pada CodeIgniter

Sebagai contoh untuk membuat form validation ini saya membuat sebuah controller baru yang diberi nama form.php

dan disimpan pada application/controllers/form.php

Diatas kita sudah membuat sebuah form pada view yang kita panggil dan method index agar dipanggil pertama.

Kemudian kita membuat kembali view baru yang diberi nama view_form.php. Untuk menggunakan library form validation CodeIgniter kita harus memanggil library form_validation.php dulu.

Disini saya memanggilnya pada function construct untuk controller form. Bisa dilihat pada bagian construct() controller diatas.

application/views/view_form.php

Nah form diatas kita membuka form dengan function form CodeIgniter. Dapat dilihat kembali pada bagian function form_open(). Pada view diatas kita telah menetapkan aksi dari form ke method aksi.

Kita juga telah membuat 3 form yang wajib diisi yaitu, email, nama dan konfir email. Maka form validasinya akan kita buat pada method aksi.

Sekarang kita jalankan di local host. Kemudian klik submit tanpa mengisi apapun, nanti pesannya akan muncul peringatan. Sesuai dengan apa yang sudah kita tentukan.

localhost/irvan_gen/index.php/form

Cara Membuat Form Validation dengan CodeIgniter - #IRVANGEN
Cara Membuat Form Validation dengan CodeIgniter – #IRVANGEN

Pesan peringatan form validation ditampilkan dengan fungsi dan terletak pada view form.

Jika ingin membuat pesan manual, kamu dapat menggunakan fungsi berikut.

Untuk selengkapnya tentang form validation kamu dapat membaca guide CodeIgniter. /user_guide/libraries/form_validation/html#the-form terletak pada folder CodeIgniter yang kamu install.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Tutorial Membuat Form Validation CodeIgniter. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Income Search

  • cara membuat form validation di codeigniter
  • form validation codeigniter
  • form validasi codeigniter
  • Validasi form di codeigniter
  • web validasi dengan ci
  • fungsi form validation pada codeigniter
  • contoh form validation codeigniter
  • validasi form codeigniter

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *