Belajar CodeIgniter Part 8: Cara Membuat Library Sendiri


1 share
Belajar CodeIgniter Part 8: Cara Membuat Library Sendiri 1

IRVAN GEN – Selamat datang. Salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-8 dalam sesi belajar CodeIgniter. Sebelumnya kita pernah membahas Cara Membuat Download file Dengan CodeIgniter. Pada pertemuan yang ke-8 saya akan mengulas tentang Cara Membuat Library Sendiri di CodeIgniter.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang library dan beberapa contohnya, kita juga diberi kebebasan oleh CodeIgniter untuk membuat library sendiri.

Apa Kegunaan Membuat Library Sendiri?

Maanfaat yang saya rasakan dalam membuat library sendiri di CodeIgniter adalah mempermudah kita dalam membuat sebuah aplikasi berbasis web. Terkadang kita banyak menuliskan syntax secara berulang, namun dengan membuat library kita dapat panggil function yang sudah kita buat dengan mudah.

Tutorial CodeIgniter – Cara Membuat Library Sendiri

Langkah pertama untuk membuat library adalah, membuat file library yang akan kita inginkan dan letakkan pada folder yang kamu install CodeIgniter, foldernya terletak pada /application/libraries/

Sebagai contoh, saya akan membuat library baru dengan nama irvan_lib.

/application/libraries/irvan_lib.php

Perhatikan kode program diatas, kita harus deklarasikan terlebih dahulu classnya.

Kemudian kita membuat 2 method didalam class tersebut.

Sesudah sampai disini, sebenarnya kita sudah berhasil membuat library  dan siap untuk digunakan. Library ini sangat sederhana, saya buat hanya untuk contoh belajar kita. Nanti kamu bisa kembangkan sendiri.

Langkah selanjutnya kita akan memanggil dan menggunakan library irvan_lib yang sudah dibuat tadi.

Untuk mencoba library yang sudah dibuat, kita siapkan controllers untuk memanggilnya. Seperti biasa kita buat dulu controllers baru. Disini saya buat dengan nama perkenalan.php

/application/controllers/perkenalan.php

Perhtikan kembali pada functin index. Disitu saya memanggil terlebih dahulu library yang sudah dibuat, yaitu library irvan_lib.

Selanjutnya kita tinggal menggunakan function yang sudah dibuat didalam library irvan_lib

Nah sampai disini paham? Oke saya anggap teman – teman paham, langkah terakhir dari tutorial ini adalah mencoba library. Buka browser dan ketikkan url http://localhost/nama_folder/index.php/perkenalan

http://localhost/irvan_gen/index.php/perkenalan

Cara membuat library sendiri di CodeIgniter - #IRVANGEN
Cara membuat library sendiri di CodeIgniter – #IRVANGEN

Kesimpulan

CodeIgniter selalu mempermudah kita dalam membuat sebuah aplikasi berbasis web. Dengan menyediakan segala fasilitas seperti membuat library sendiri ini, bukan hanya itu, CodeIgniter juga telah menyediakan folder khusus seperti Controller, View, model dan helper untuk menyimpan library – library yang sudah kita buat.

Tentunya ini akan mempermudah pekerjaan kamu sebagai developer web.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Tutorial Membuat Library di CodeIgniter. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Income Search

  • cara membuat library
  • contoh library codeigniter
  • cara membuat library sendiri
  • membuat library codeigniter
  • membuat library crud di code igniter
  • cara membuat library codeigniter
  • cara membuat function
  • cara memanggil library codeigniter
  • cara membuat libarary sendiri di codeigniter

Nilai kualitas konten


Irvan Nurfazri
Fakir ilmu yang selalu berusaha memantaskan diri dihadapan-Nya.Menulis apa yang saya sukai dan berbagi apa yang saya ketahui.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *