Perbedaan Pos dan Page Pada WordPress


Perbedaan Pos dan Page Pada WordPress 1

IRVAN GEN – Selamat Datang. Dalam sesi ini kita kembali mengulas WordPress karena CMS (Content Management System) yang satu ini cukup menarik untuk dibahas.

Untuk kamu yang baru mulai ngeblog menggunakan WordPress, saat masuk ke dashboard akan melihat ada 2 tempat dimana kamu bisa membuat konten Pos dan Page.

Pos dan Page memiliki kesamaan tapi fungsinya berbeda

Saya akan coba jelaskan apa saja perbedaannya.

Pos

Pos digunakan untuk menerbitkan konten secara rutin pada situs kamu. Misalkan, kamu membuat sebuah konten rutin sehari sekali atau seminggu sekali, sebaiknya dibuat dalam bentuk Pos.

Perbedaan pos dan page pada WordPress - #IRVANGEN
Perbedaan pos dan page pada WordPress – #IRVANGEN

Ini karena seluruh pos didalam situs akan ditampilkan dalam sebuah halaman secara berurutan. Pos terbaru akan muncul diatas pos sebelumnya.

Nah untuk pos sendiri bisa dibagi berdasarkan tag dan kategori.

Misalnya, kamu punya website tentang olahraga dan kamu punya artikel tentang renang, sepakbola, basket dan semacamnya. Artikel – artikel tersebut bisa dimasukan kedalam kategori agar mudah dicari oleh pengunjung.

Bukan hanya itu, Artikel dalam bentuk pos juga akan dimasukan kedalam RSS (Rich Site Summary).

RSS merupakan sebuah halaman yang berisi daftar pos di situs kamu. RSS feed biasanya digunakan oleh orang – orang yang ingin berlangganan konten terbaru dari situs kamu.

Page

Page digunakan untuk membuat sebuah halaman yang sifatnya tetap.

Halaman – halaman yang dibuat dalam bentuk page tidak diurutkan berdasarkan tanggal. Urutannya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu dengan cara memberikan nomor pada masing – masing page.

Sebaliknya dari pos, page ini tidak bisa dimasukan ke dalam tag dan kategori. Karena page sifatnya tunggal.

Tapi kamu bisa membuat sub-page. Misalkan kamu membuat sebuah page Klub Sepak Bola nah sub-page nya bisa dibuat Chelsea, Barcelona, Real Madrid dan lainnya.

Halaman yang sering dibuat biasanya adalah halaman Tentang, Disclaimer, Contact dan lainnya. Dan ini contoh sub-page yang saya buat.

Perbedaan pos dan page pada WordPress - #IRVANGEN
Perbedaan pos dan page pada WordPress – #IRVANGEN

Lalu, apakah ada perbedaan dalam hal SEO?

Pertanyaan ini yang sering saya dengar dari grup blogger. Ketika membahas soal pos dan page, apakah mesin pencari menganggap pos dan page berbeda. Mana yang lebih unggul.

Menurut saya pribadi tidak terlalu berpengaruh. Keduanya sama saja dimesin pencari seperti Google dan Bing.

Karena tujuan kita dalam membuat konten menggunakan pos dan page untuk kemudahan dan kenyamanan pengunjung situs, bukan untuk mesin pencari.

Benar?

Tapi ada satu pertimbangan.

Pos memiliki tanggal penerbitan. Untuk beberapa kata kunci yang butuh konten yang sifatnya fresh, pos yang sudah lama tidak diupdate mungkin peringkatnya turun.

Misalkan, pengunjung ingin membaca artikel tentang sepak bola minggu ini, konten yang kamu buat minggu lalu. Nah dalam mesin pencari akan muncul tanggal penerbitannya.

Jadi jelas bukan perbedaan antara Pos dan Page.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini tentang Perbedaan Post dan Page di WordPress dengan Mudah. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.

Income Search

  • perbedaan post dan page
  • perbedaan post dan page wordpress
  • apa perbedaan post dan page pada wordpress
  • perbedaan post dan page dalam blog
  • perbedaan post dan page di wordpress
  • perbedaan post dan page pada wordpress
  • perbedaan post dan pages pada wordpress

Nilai kualitas konten


Like it? Share with your friends!

1 share
Irvan Nurfazri
Punya cita-cita jadi novelis dan pada akhirnya nyasar jadi penulis blog. Suka banget sama komik Marvel, tapi suka juga robot-robotan.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ad Blocker Detected!

Refresh