Blog Blogspot

Review Template Blogger Igniplex

Review Template Blogger Igniplex 1
Ditulis oleh Irvan Nurfazri

IRVAN GEN – Lagi nyari template blogger terbaik? kamu pasti sudah tahu bahwa ada banyak sekali pilihan template yang bertebaran di internet, mulai dari yang gratis maupun berbayar.

Tentu hal ini dipengaruhi oleh user base blogspot yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Template memiliki banyak fitur memang keren, tapi disisi lain bisa juga jadi boomerang untuk kita.

Misalnya saja, pengunjung kebingungan dalam mencari sesuatu, karena template tersebut memiliki banyak pernak-pernik didalamnya. Seperti, widget yang kamu pasang tidak dibutuhkan oleh pengunjung dan sangat menggangu, atau masalah navigasi yang sulit dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu sudah tahu kondisi seperti ini, jangan sembarangan dalam memilih template blogger.

Kalau masalah desain juga relatif banyak, tergantung selera masing – masing. Namun, jika kamu sedang mencari template blogger dengan tampilan yang modern, Igniplex lah yang wajib dipertimbangkan.

Sebab, Igniplex di desain agar pengunjung tetap nyaman saat mengakses blog.

Baca: VioMagz Masih Menjadi Template Terbaik 2019?


Mengapa Harus Template Igniplex

Walaupun konten tetap nomor satu, kita juga harus memperhatikan tampilan blog.

Igniplex menghadirkan antarmuka yang elegan membuat betah bagi siapapun yang mengunjunginya. Dengan desainnya yang minimalis, clean dan tidak banyak pernak – pernik yang mengganggu, membuat ciri khas Igniplex semakin menonjol.

Selain itu akses menu dan navigasinya sangat mudah, tidak membuat para pengunjung pusing. Keunggulan lainnya adalah template ini cocok untuk berbagai niche. Terutama untuk blog pribadi dan travel.


Apa Saja Keuntungan Menggunakan Template Igniplex?

Selain desain, ada juga beberapa keuntungan yang dapat kamu rasakan saat menggunakan template Igniplex diantaranya adalah:

1. Responsif

Desain blog responsif akan menyesuaikan perangkat yang digunakan untuk mengakses blog. Sehingga blog kamu bisa diakses dengan baik dari berbagai perangkat berbeda.

Mengingat di era modern seperti ini banyak orang yang mengakses situs web / blog menggunakan smartphone. Jadi, template yang responsif sangat menguntungkan bagi pemilik blog.

2. Pengalaman Pengguna Lebih Baik (UX)

Pernah mendengar istilah content is king? Artinya, konten pada blog kamu adalah hal yang amat penting. Sehingga, jika desain blog sudah responsif maka konten blog kamu dapat diakses pengunjung setiap saat di berbagai perangkat berbeda.

3. Fast Loading

Menurut Google, 53% pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan situs blog yang mempunyai loading lebih dari 3 detik. Untuk memberikan user experince terbaik tentu kamu harus membuat blog secepat mungkin.

Template Igniplex memiliki loading yang sangat cepat tanpa mengorbankan desain …

Gambar dibawah ini menunjukan bahwa template Igniplex memiliki perfoma loading yang sangat baik.

Tested via GTmetrix

Review Template Blogger Igniplex 2

Tested via Pingdom

Review Template Blogger Igniplex 3

Masih ada alasan lain mengapa kecepatan blog harus menjadi perhatian yang serius, berikut alasan pentingnya:

4.1. Pengunjung tidak sabar

Pengguna internet tidak sabar menunggu hasil loading blog, baik untuk mendapatkan informasi atau lain sebagainya.

4.2. Pengunjung tidak akan kembali ke blog yang lambat

Berdasarkan survei KissMetrics, 79% pengungjung tidak akan kembali mengunjungi blog yang mereka anggap loadingnya lambat.

4.3. Blog cepat: Pengunjung tumbuh pesat

Meningkatkan kecepatan loading blog tidak muncul tanpa tujuan. Kecepatan website yang tinggi akan meningkatkan pertumbuhan pengunjung website.

Baca: Cara Mempercepat Loading Blog

5. SEO Ready

Tidak perlu khawatir untuk masalah SEO, Igniplex sudah optimal dalam sisi SEO. Sehingga lebih ramah di mesin pencarian dan lebih memudahkan blog kamu untuk naik peringkat.

Baca: Tutorial SEO Dasar: SEO On-page & Off-page


Tentang Igniplex

Review Template Blogger Igniplex 4

Igniplex merupakan template blogger yang dibuat oleh blogger wanita asal Sukabumi, Jawa Barat. Melalui situs resminya Igniel.com, dikutip bahwa Igniplex dirilis sejak tahun 2016 lalu dan langsung dijadikan template premium.

Namun saat itu template Igniplex tidak dijual secara terbuka dengan alasan belum siap untuk bersaing dengan template blogger lainnya.

Tampilan Igniplex dibuat hampir mirip dengan situs Igniel, hal itu dipengaruhi oleh permintaan calon pembeli yang sangat tertarik dengan desain situs Igniel.

Karena itu, Igniplex dibuat 50%-70% mirip dengan Igniel.com, namun dari kedua template ini memiliki ciri khasnya masing – masing.

Baca: Rekomendasi Template Blogger Terbaik 2019


Fitur dan Kelebihan Igniplex

  1. Layout v3 dan Widget v2
    Ini adalah versi terbaru dan tercanggih dari template Blogger. Jadi sudah jelas sangat up to date.
  2. Super Ringan
    Serius! Template ini dibuat dengan Javascript yang cukup kompleks sehingga fungsinya tidak memberatkan template. Pengaturannya pun mudah bahkan untuk kamu yang tidak bisa coding.
  3. SEO Friendy
    Tidak perlu pusing menambahkan meta tag karena saya sudah mengoptimalkannya. Ditambah efek positif dari layout v3 yang meta tag dan struktur bawaannya sudah bagus dari sananya.
  4. Panduan Posisi Iklan
    Di dalamnya sudah ada tanda untuk meletakkan iklan. Bahkan ada iklan yang bisa ditempatkan di tengah artikel secara otomatis tanpa perlu menulis script tambahan lain.
  5. Pagination (Page Split)
    Konten bisa dibagi menajdi beberapa halaman. Biasanya fitur ini ada dalam WordPress. Tapi sekarang Blogger pun bisa mencobanya dengan menggunakan template Igniplex.
  6. Social Share Counter
    Menampilkan jumlah share artikel di media sosial untuk mengetahui seberapa viral blog kamu.
  7. Anti AdBlock
    Memunculkan notifikasi jika pengunjung memakai AdBlock.
  8. Sticky Widget
    Widget dalam posisi melayang dan akan tetap berada di atas meski sudah di-scroll ke bawah.
  9. Valid Google Structured Data
    Struktur data ini penting agar blog bisa lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.
  10. Mobile Friendly dan Responsif
    Sekarang ini Google menyukai blog yang bagus ketika dibuka di mobile. Template Igniplex sudah sangat responsif sehingga tetep keren ketika dibuka di berbagai ukuran device yang berbeda.
  11. Related Post Tengah Artikel dan Bawah Artikel
    Ini bagus untuk menurunkan bounce rate.
  12. Menu di header yang super keren!
  13. Auto Responsive Video Youtube
  14. Navigasi Halaman Bernomor
  15. Custom Halaman Error
  16. Blog Pager (Next Prev) dengan Judul Artikel
  17. Breadcrumbs

Kesimpulan

Memilih template blog terkadang bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan karena kamu tidak bisa memilih template blog berdasarkan selera pribadi saja.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan template SEO friendly agar blog kamu bisa memberikan performa terbaiknya.

Saya berharap rangkuman artikel ini yang membahas template blogger Igniplex di atas dapat membantu kamu menemukan template blog yang cocok untuk situs blog.

 

Tentang Penulis

Irvan Nurfazri

No one can bring you true happiness except Allah

Instagram : ig.com/irvan_gen

3 Comments

Tinggalkan Komentar