Blog Blogspot WordPress

Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat

Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat 1
Ditulis oleh Irvan Nurfazri

IRVAN GEN – Teknik dan cara meningkatkan visitor itu susah-susah gampang, dimana trik ini harus diterapkan yang tepat sehingga blog memiliki visitor yang loyal. Traffik yang banyak menjadi jantung untuk para blogger.

Yang saya maksud: Mengingat pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir ini, mungkin ada sekitar 250 juta blog online saat ini.

  • Dari total jumlah tersebut, hanya sekitar 50% dari semua postingan blog mendapatkan lebih dari 8 bagian.
  • Bahkan juga 42% dari postingan blog yang dipasarkan dengan profesional menerima kurang dari 10 interaksi.
  • Sepertinya kurang dari 1% artikel mencapai 1000 share.

Kebanyakan orang, bahkan profesional sekaligus pun, benar – benar mengidap pemasaran posting mereka. Ini biasanya terjadi bila mereka tidak mengambil langkah yang benar atau membangun hubungan yang benar.


Bagaimana Cara Menarik Minat Visitor?

Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat 2

Cara yang terbaik sebagai langkah awal membangun blog yang bisa mendatangkan traffik tinggi dan bisa menarik visitor secara loyal adalah:

  1. Buat blog dengan satu Niche (tema), jangan buat blog campuran
  2. Riset keyword sebelum membangun blog
  3. Tentukan siapa calon visitor (audien)
  4. Temukan masalah user
  5. Berikan solusi masalah lewat konten yang lengkap dan mudah dipahami
  6. Rutin update konten secara berkala

1. Buat Blog dengan 1 Niche

Keuntungan dalam membangun blog dengan 1 niche / kategori adalah mudah dalam menganalisa visitor, ini yang menjadikan blog spesifik sehingga user akan lebih loyal dan Google lebih suka dengan blog model seperti ini.

Bagaimana jika sudah telanjur membuat blog campuran?

Solusi yang terbaik buat teman – teman adalah, buat 1 topik dengan minimal 4-5 kategori konten. Sehingga memiliki related post untuk memperkuat konten, saya yakin pengunjung juga akan suka dengan konten yang relevan.

2. Riset Keyword Sebelum Membangun Blog

Sebelum membuat artikel / konten, pastikan kamu sudah melakukan riset keyword. Ini bertujuan untuk mencari prasa. Karna kata kunci potensial sebagai acuan dalam membuat konten.

Sehingga bisa menghasilkan traffic yang tinggi, jangan sampai langkah ini terlewati begitu saja karena akan mengakibatkan bias.

Membuat konten tanpa riset keyword secara mendalam itu sama saja seperti kita sedang bicara tanpa data valid.

Hasilnya bisa saja artikel yang kamu buat tanpa riset keyword bisa berada dihalaman 1 google, namun traffik blog yang didapat 0 tanpa ada data analisa, planing waktu mendatang.

3. Siapa Calon Visitor?

Tahap ini amat penting, karena kita akan memahami siapa yang berkunjung dan menjadi visitor setia blog yang dapat dikonversi menjadi traffik potensial.

Contohnya:

  • Saya membuat blog dengan niche: Budaya teknologi dan blogging
  • Target audien: anak muda / orang tua.
  • usia: 15 – 35 tahun
  • dan lainnya.

Dengan cara ini kita bisa memahami siapa visitor, maka akan lebih mudah dalam membuat konten yang pas, tentunya lebih tertarget.

4. Temukan Masalah User

Kumpulkan semua data permasalahan dan pertanyaan yang sedang diajukan user, kamu bisa temukan segala masalah di forum, facebook dan trend tentang topik sejenis di google search.

5. Berikan Solusi Lewat Konten

Setelah memiliki data masalah dan pertanyaan yang sering di cari pengguna, tugas teman – teman memberikan solusi dari masalah tersebut melalui konten artikel dengan format text, gambar & video.

Sampaikan secara lengkap, jelas dan mudah dipahami.

6. Rutin Update Konten Secara Berkala

Tanpa update konten, secara perlahan blog akan menjadi mati. Bahkan akan kehilangan user yang loyal.

Maka dari itu, update konten secara berkala juga bagian penting dari blog yang sedang kamu bangun.


Strategi Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Kalau diatas kita membahas cara menarik minat pengunjung, maka ini pembahasan kelanjutannya.

Saya akan memulai dengan ikhtisar singkat tentang strategi. Sebenarnya strategi yang saya maksud ini sama seperti penjelasan diatas, namun disini lebih pada teknik penerapannya.

  • Cara meningkatkan pengunjung dengan teknik SEO : Tujuan Jangka Panjang.
  • Cara meningkatkan pengunjung dengan cepat melalui media sosial

Jika teman – teman siap untuk mulai mendapatkan lalu lintas yang sesungguhnya, teruskan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

A. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Teknik SEO

meningkatkan visitor dengan SEO

meningkatkan visitor dengan SEO

Setiap konten yang kamu tulis seharusnya mempunyai kata kunci yang tertanam didalam artikel teman – teman.

Melakukan optimasi mesin pencarian merupakan cara yang paling ampuh dalam meningkatkan pengunjung, namun itupun jika benar dalam penarapannya.

Ya, tapi ada juga pengecualian, jika kamu menulis berita yang hanya relevan karena menulis pembaruan. Tapi untuk sebagian besar, kamu ingin mengoptimalkan setiap postingan disekitar kata kunci tertarget.

Beberapa alasan untuk hal ini:

  • SEO butuh waktu: Jika kamu sudah mengoptimalkan konten sejak awal, kamu akan mencapai tujuan lebih cepat.
  • Lalu lintas organik ada dibagian atas hasil pencarian, bertanggung jawab dari ratusan ribu pengunjung ke blog teratas disetiap niche.
  • Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya: Selama kamu tidak melakukan ‘keyword stuffing‘ atau penjejalan keyword, kamu akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Trik ini juga tidak terlalu sulit untuk diterapkan, beberapa orang bahkan meyakini (termasuk saya) bahwa SEO masih menjadi low hanging fruit bagi banyak blogger.

Itu karena SEO nampaknya rumit, sehingga banyak orang menghidarinya.

Dalam hal ini kita akan coba pecahkan masalahnya dan memberi beberapa sumber untuk memulai:

1. SEO dimulai dengan riset keyword

Seperti yang sudah saya katakan, untuk mendapatkan peringkat dihalaman 1 pencarian google, kamu perlu tahu kata kunci yang akan ditargetkan, dengan begitu kamu akan mendapatkan traffik yang tinggi.

Rekomendasi tools riset keyword:

  • Ahrefs (berbayar): Untuk mengintip kata kunci pesaing.
  • Google Keyword Planner: Untuk menemukan kata kunci yang relevan, termasuk kata kunci potensial dan prasa.

Sebagai contoh saya menentukan kata kunci utama “meningkatkan visitor blog” maka tools tersebut akan memberi daftar rekomendasi kata kunci yang paling relevan sebagai acuan konten, seperti.

  • cara memperbanyak pengunjung blog
  • cara menambah visitor pada blog
  • cara meningkatkan jumlah pengunjung blog
  • aplikasi seo untuk meningkatkan traffic pengunjung web
  • meningkatkan pengunjung blog

Ambil semua kata kunci yang terkait dan gunakan salah satu alat penelitian keyword diatas.

Jika kamu kesulitan dalam menentukan keyword dengan tingkat persaingan yang rendah, buat postingan di sekitar topik itu, termasuk kata kunci utama dan kata kunci yang terkait, ini merupakan langkah teman – teman untuk belajar bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung.

Kalau menggunakan Google Keyword Planer, kamu bisa mendapatkan gambaran keyword yang tepat, namun akan menemukan kesulitan berdasarkan Domain Authority dari hasil pencarian saat kamu memasukan keyword tersebut di Google.

Kamu bisa menganalisa Domain Authority (DA) pesaing melalui tool Moz Open Site Explorer. Sebagai aturan praktis, jika banyak artikel di halaman 1 pencarian google rata – rata memiliki DA 40 – 50, mungkin sedikit sulit untuk mengunggulinya.

Tapi menggunakan tools Ahrefs atau SEMrush akan memberi gambaran yang lebih baik.

2. Setelah membuat konten / artikel, optimalkan untuk kata kunci target

Mengoptimalkan halaman untuk kata kunci tertentu termasuk SEO-onpage. Teknik ini cukup sederhana, tapi jika dilihat akan sedikit rumit, karena banyak faktor yang mempengaruhi peringkat di SERP ( Search Engine Result Page).

3. Untuk hasil yang lebih maksimal, bangun beberapa link

Link building adalah bagian utama dari SEO dan elemen penting untuk belajar bagaimana mendatangkan pengunjung, ini juga alasan #1 SEO adalah low hanging fruit, kebanyakan orang melewati langkah ini.

Menurut Andrey Lipattsev seorang Search Quality Senior Strategist di Google (Irlandia) ‘tautan‘ adalah salah satu faktor peringkat teratas Google.

Andrey Lipattsev, telah bergabung dengan Google sejak Agustus 2010, memulai sebagai Search Quality Associate. Ia lulus dari King’s St. Joseph’s Hall College, Oxford, Inggris / Universidad de Oviedo, Spanyol / Hull University, Inggris / Grenoble Graduate School of Business, Perancis. Dia menguasai 5 bahasa: Rusia, Inggris, Spanyol, Jerman dan Prancis.

Dalam langkah membangun link berkualitas tinggi di situs yang relevan sebenarnya tidak sulit, namun akan memakan waktu yang lama.

Selain itu, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan dengan SEO, seperti meningkatkan loading time website dan memastikan bahwa halaman dapat bekerja dengan baik di ponsel.

B. Cara meningkatkan pengunjung dengan cepat melalui media sosial

meningkatkan visitor dengan media sosial

meningkatkan visitor dengan media sosial

Menggunakan media sosial sebagai pendongrak traffik, tidak sama dengan cara meningkatkan pengunjung blog dengan software atau tools excharge yang bisa langsung meningkat dengan pesat, tapi sumber traffiknya bot.

Kamu bisa memanfaat media sosial untuk berbagi konten yang menarik kepada teman atau keluarga, dengan begitu akan banyak mengundang klik menuju blog kamu. Mungkin akan sedikit melelahkan tapi hasilnya maksimal.

Tapi kalau ingin lebih praktis cara mendapatkan pengunjung blog dengan cepat, mari kita coba dengan menggunakan media sosial.

1. Melibatkan orang atau komunitas di konten blog

Berikan link ke konten blogger lain, berikan penawaran pada produk mereka untuk disertakan dalam artikel kamu dan bagikan artikel tersebut.

Apabila kamu melakukannya, tandai mereka di dalamnya. Pujilah pekerjaan mereka dan wasasan yang bijak didalam artikel kamu.

Sebagai contoh, saya membuat konten tentang ‘Hubungan pertemanan’ saya menulis seputar pertemanan mulai dari nama – namanya, karakter dan lainnya. Kemudian membagikannya ke media sosial dan menandai orang – orang yang terlibat didalam konten yang saya buat.

Dengan begitu mereka akan tertarik untuk membacanya, bisa kamu bayangkan, bila kita melibatkan banyak orang dalam artikel, semakin banyak juga yang ikut membantu untuk membagikan ulang postingan kita.

Ini merupakan cara sederhana dalam meningkatkan traffic, dengan perlahan blog kamu akan mempunyai visitor yang loyal.

Mengingat hal ini, serupa yang dikatakan oleh mas Dermawan (panduanim.com) pada artikel beliau yang berjudul 19 Hal yang Saya Lakukan untuk Meningkatkan Pengunjung Blog ini Hingga 419,16%

menjalin hubungan dengan blogger lain” merupakan salah satu cara ampuh kalau kamu ingin mengembangkan blog dengan lebih cepat.

… istilahnya influcer.

Alasannya:

Misalkan seorang audien share 1 konten milik kamu ke sosial media.

Orang – orang yang berstatus sebagai audien memiliki sedikit follower, bahkan dari sekian follower mereka tidak ada yang tertarik dengan konten kita.

Al-hasil tidak ada lagi yang klik hasil share dari audien.

Tapi misalkan konten kamu di share oleh influcer dengan 10ribu follower aktif, maka akan ada ratusan sampai ribuan orang yang datang ke website kita.

Itu sebabnya penting untuk berhubungan dengan mereka.

2. Terlibat dalam kelompok atau grup sosial media

Selalu terhubung dengan kelompok atau grup, ada banyak grup seperti grup facebook untuk setiap niche / tema disana.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas seperti Google+, Linkedin dan obrolan di twitter.

Berikut tips menjalin hubungan yang baik dengan kelompok atau grup:

  • Selalu patuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemiliknya.
  • Jangan posting konten kamu sendiri sampai kamu membangun hubungan yang kuat dengan sesama pengguna sosial media. Hal ini dapat memakan waktu hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu, tergantung seberapa besar kamu aktif dari grup tersebut. Saya rekomendasikan untuk mem-posting sebanyak 2-4 kali dalam seminggu dengan komentar bermanfaat sebelum kamu membagikan link artikel.
  • Bagikan hal yang relevan dan bermanfaat, seperti memberikan solusi.
  • Kembali ke peraturan poin 1 & 2.

Trik ini benar – benar sederhana, saya sendiri menggunakan strategi ini untuk mengarahkan lebih dari 3000 pengunjung ke salah satu artikel dalam kurun waktu yang singkat.

Jadilah orang yang ramah dan mau membantu dengan tulus.

3. Memanfaatkan akun sosial media

Tips terakhir dari saya yaitu, memanfaatkan akun sosial media yang tepat.

Facebook merupakan saluran sosial media terbesar, Ya itu benar. Namun ini bukan satu – satunya yang mengarahkan lalu lintas.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah menulis beberapa konten dan melakukan pengujian di masing – masing saluran media sosial. Setelah menguji semua topik di saluran yang berbeda, saya menemukan dua penggerak lalu lintas sosial terbesar untuk mendongkrak traffik.

  1. Google Plus
  2. Facebook
  3. Twitter

Ke-3 saluran ini sangat berpengaruh besar dalam memasarkan konten, tentunya akan meningkatkan traffic blog


Kesimpulan

Dari semua penjelasan diatas itu semua berdasarkan pengalaman, sekarang waktunya kamu coba. Tinggal pilih, cara mana yang akan diutamakan untuk mendatangkan traffik.

Dengan cara SEO akan memberi kita keuntungan jangka panjang yang masif, maksudnya SEO akan mendatangkan pengunjung secara organik / alami melalui pencarian google.

Tentu tahap ini butuh waktu untuk menerapkannya dan kamu akan merasakan hasilnya nanti, jika diibaratkan seperti menanam padi, di tanamnya sekarang, panennya dikemudian hari.

Sedangkan media sosial meningkatkan pengunjung dengan cepat, tapi ya itu. Kita harus rajin mempromosikannya, setiap kali menerbitkan artikel baru.

Apalagi jika 2 Strategi ini diterapkan, pasti hasilnya akan maksimal.


Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat.

Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Income Search:

  • visitor blog menurun
  • visitor blog anjlok
  • cara agar visitor blog banyak
  • cara meningkatkan visitor blog dengan cepat
  • cara menambahkan visitor di blog
  • penyebab visitor blog turun drastis
  • increase visitor blog
  • cara mendatangkan visitor ke blog
  • menambahkan visitor pada blog
Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat
Strategi Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat 3

IRVAN GEN - Teknik dan cara meningkatkan visitor itu susah-susah gampang, dimana trik ini harus diterapkan yang tepat sehingga blog memiliki visitor yang l

Peringkat Editor:
0

Tentang Penulis

Irvan Nurfazri

No one can bring you true happiness except Allah

Instagram : ig.com/irvan_gen

Tinggalkan Komentar