Belajar HTML Dasar Part 1: Pengenalan & Pengertian HTML

Ditulis oleh Irvan Nurfazri

IRVAN GEN – Jika kamu ingin belajar bagaimana cara membuat situs web, langkah pertama adalah mempelajari HTML.

HTML adalah dasar dari semua halaman situs web yang kita lihat di Internet, contohnya seperti web IRVAN GEN yang sedang kamu kunjungi.

Namun, apa sebenarnya HTML itu?

Nah, dalam pertemuan pertama belajar HTML dasar ini bagaimana kalau kita bahas tuntas dari Pengertian HTML terlebih dahulu, setuju?

Jika kamu melanjutkan membaca artikel ini, saya anggap setuju.


Pengertian HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange. Mengapa disebut hypertext? Karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, contohnya kita bisa membuatnya menjadi link yang bisa berpindah dari halaman ke halaman lainnya hanya dengan menekan klik text tersebut.

Nah, kemampuan text inilah yang disebut hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

Kemudian Markup Languange, disebut seperti itu karena bahasa HTML menggunakan tanda ‘mark‘, untuk menandai bagian – bagian text.

Misalnya saja, text yang ada diantara tanda tertentu akan menjadi tebal, jika berada diantara tanda lainnya akan kelihatan besar. Tanda ini dikenal sebagai tag HTML.

Jika teman – teman ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML itu, silahkan klik kanan pada halaman ini, kemudian pilih View Page Source. Selanjutnya akan tampil sebuah halaman baru yang merupakan kode HTML dari halaman situs ini.

Belajar HTML Dasar Part 1: Pengenalan & Pengertian HTML 1

HTML adalah bahasa dasar dari pembuatan situs website.

Disebut dasar karena jika kita membuat sebuah web hanya menggunakan HTML saja, tampilan web terasa hambar. Ada banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti PHP dan JavaScript.

Tetapi, sebelum teman – teman belajar PHP maupun JavaScript, memahami bahasa HTML merupakan hal paling awal.

HTML bukanlah bahasa pemrograman ‘programming language‘, tetapi bahasa markup. Hal ini memang terdengar sedikit aneh, tapi jika kamu sudah mengenal bahasa pemrograman lain dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa ditemukan pada bahasa pemrograman seperti LOOP, IF ataupun variabel.

HTML hanyalah sebuah struktur yang fungsinya untuk tagging atau menandai bagian – bagian  dari sebuah halaman.

Pernah mendengat xHTML? xHTML merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML adalah versi lama dari HTML, sebelum era HTML5 seperti saat ini.

xHTML menggunakan aturan penulisa yang lbih ketat. Jika teman – teman menemukan konten yang membahas seputar xHTML, bisa kamu samakan dengan HTML, karena perbedaanya tidak terlalu banyak.

 
 

Versi Terbaru HTML: HTML5

Kini versi terbaru dari HTML adalah HTML5. Versi HTML yang baru ini berisi beberapa fitur terbaru, namun tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya, yaitu HTML4 dan xHTML.

File HTML bisa dijalankan jika menggunakan web browser. Dalam pertemuan selanjutnya, tutorial belajar HTML dasar, kita akan membahas tentang Fungsi Web Browser.


Penutup

Mungkin itu saja seputar Pengenalan dan Pengertian HTML. Jika ada yang kurang atau salah dalam penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Tentang Penulis

Irvan Nurfazri

No one can bring you true happiness except Allah

Instagram : ig.com/irvan_gen

Tinggalkan Komentar